Ini 5 Makanan yang Bikin Perut Begah dan Kembung

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Mei 2018 12:30 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Kesal dengan perut kembung yang bikin nggak nyaman? Coba perhatikan makanan yang disantap, bisa jadi makanan tersebut yang memicu rasa kembung.

Kembung di perut terjadi karena adanya penumpukan gas di dalam perut. Penyebabnya karena sistem pencernaan yang terganggu atau banyaknya udara yang terperangkap dalam perut.

Dilansir dari Today (3/5) perut kembung juga bisa terjadi karena pertumbuhan bakteri di usus kecil. Bakteri dalam sistem pencernaan yang bertugas melakukan proses fermentasi makanan ini menghasilkan gas yang membuat kembung.

Untuk menghindari perut dari rasa kembung, berikut beberapa makanan yang harus dihindari.

1. Makanan manis
Ini 5 Makanan yang Bikin Perut Begah dan KembungMakanan dan minuman manis bisa memicu perut kembung/Foto: Instagram @crescendoicecream
Kembung bisa juga disebabkan oleh gula alkohol yang berasal dari makanan berpemanis buatan. Gula alami dan gula buatan memiliki struktur kimia yang berbeda.

Gula mudah dicerna sebagai karbohidrat namun tidak mudah diserap usus kecil. Inilah yang membuat gula kadang menyebabkan kembung dan rasa tak nyaman pada perut.

Baca juga : Hindari 10 Makanan Ini Agar Perut Nyaman Bebas Kembung (1)

2. Minuman bersoda
Ini 5 Makanan yang Bikin Perut Begah dan KembungTerlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda juga bisa memicu penumpukan gas di dalam perut/Foto: Istock
Gas yang terkandung dalam minuman bersoda mungkin terasa menyegarkan tetapi gas ini juga yang akan menumpuk dalam perut. Bukan hanya rasa tak nyaman, kadang soda ini juga membuat perut tampak lebih buncit.

3. Sayuran jenis cruciferous
Beberapa jenis sayuran juga bisa menjadi pemicu rasa kembung di perut. Sayuran jenis cruciferous seperti brokoli, kembang kol, kale dan kol jadi beberapa sayuran yang harus dihindari saat tak ingin perut terganggu karena kembung.

4. Susu
Ini 5 Makanan yang Bikin Perut Begah dan KembungMinum susu dan produk turunannya seperti yogurt dan keju juga bisa membuat perut kembung/Foto: Istock
Seiring bertambahnya usia, tubuh kehilangan enzim yang diperlukan untuk memecah dan memproses gula susu. Hal ini berefek pada timbulnya rasa kembung.

Solusinya adalah kurangi konsumsi produk susu dan olahannya, termasuk yogurt dan keju.

5. Makanan bertepung
Makanan yang dibuat dengan tepung terigu seperti sereal, pasta, roti dan biskuit juga menjadi penyebab rasa kembung. Jika tak ingin perut kembung, pilihlah produk yang dibuat dari tepung gandum utuh.

(dvs/odi)