Termasuk Superfood, Ini Keistimewaan Minyak Salmon

Shara Azzhara - detikFood Senin, 08 Jul 2019 10:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Salmon yang gurih lembut terkenal bernutrisi. Selain dagingnya, minyak salmon ternyata tak kalah sehat dengan segudang manfaat.

Minyak ikan salmon dikenal dengan kandungan lemak omega-3 yang tinggi. Lemak omega-3 utama yang ditemukan dalam minyak salmon adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kandungan ini dapat memenuhi 80% kebutuhan harian asam lemak omega-3 bagi tubuh manusia.

Baca juga : Nggak Perlu Beli yang Mahal, Superfood di Dapur Ini Juga Punya Banyak Manfaat

Asupan EPA dan DHA ini dihubungkan dengan beragam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh seperti mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, dan mengurangi inflamasi. Dengan mengonsumsi minyak ikan salmon, Anda dapat memastikan kebutuhan asam lemak terpenuhi tanpa mengonsumsi ikan.

Termasuk Superfood, Ini Keistimewaan Minyak SalmonFoto: iStock

Minyak ikan salmon mengandung zat antiinflamasi dalam jumlah yang banyak. Menurut berbagai penelitian, lemak omega-3 yang berasal dari salmon dapat menekan respon inflamasi tubuh dan membantu menangani gejala yang berkaitan dengan penyakit radang.

Baca juga : Cegah Serangan Jantung dengan Konsumsi 4 Superfood Ini

Selain kaya akan omega-3, minyak salmon juga dapat menurunkan trigliserida dan memperbaiki tingkat kolesterol. Trigliserida sendiri merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah manusia. Tingginya kandungan trigliserida dapat meningkatkan risiko penyakit yang berkaitan dengan organ jantung. Dalam berbagai penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi minyak salmon dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Termasuk Superfood, Ini Keistimewaan Minyak SalmonFoto: iStock

Kesehatan tulang pun bisa didapat jika mengonsumsi minyak yang tergolong sebagai superfood ini. Asupan omega-3 yang tinggi akan berpengaruh terhadap kekuatan tulang, sehingga tulang tidak mudah terserang penyakit. Kandungan ini juga dapat membantu tulang dalam melawan peradangan dengan menekan gen tertentu dan meredakan gejala yang berkaitan dengan penyakit tulang.

Lebih istimewanya lagi, minyak salmon bukan hanya menyehatkan darah dan tulang tetapi juga kesehatan otak. Asam lemak omega-3 telah diketahui berperan penting dalam meningkatkan kinerja dan kesehatan otak. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya zat DHA dalam otak. Minyak ikan salmon juga dapat berfungsi sebagai antidepresi dan menjadi suplemen peningkat kinerja otak serta meengurangi risiko menurunnya ingatan karena faktor usia.

Untuk menggunakan minyak salmon, Anda bisa menuangkannya sebagai saus salad. Atau memarinasi produk daging, ikan, dan ayam dengan minyak salmon, Tak kalah enak, minyak salmon bisa dituangkan di atas pasta atau sayuran yang sudah matang.

Baca juga : Makan Salmon Seminggu Sekali Bisa Cegah Radang Sendi



Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)