Cegah Serangan Jantung dengan Konsumsi 4 Superfood Ini

Riska Fitria - detikFood Kamis, 16 Agu 2018 11:27 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makanan menjadi faktor penting dalam risiko penyakit jantung. Untuk meminimalisir risiko serangan jantung, konsumsilah makanan super ini.

Serangan jantung adalah keadaan darurat pada jantung yang membutuhkan perawatan medis segera.

Kondisi ini dikenal juga sebagai Infark Miokard. Dilansir dari express.co.uk (15/08) serangan jantung terjadi karena adanya penyumbatan spasokan darah pada jantung.

Biasanya gejalanya berupa nyeri dada, sakit kepala dan pusing. Pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Oleh karena itu makan makanan yang sehat dan seimbang adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko serangan jantung yang mematikan.

Cobalah untuk menambahkan 4 makanan ini sebagai makanan dalam menu harian Anda.

Baca juga : 7 Pola Makan Ini Bisa Perkecil Risiko Stroke dan Serangan Jantung


1. Blueberry
Cegah  Serangan Jantung dengan Konsumsi 4 Superfood IniFoto: iStock
Para Ilmuwan mengklaim, dengan memakan 3 porsi buah beri setiap minggu dipercaya bisa menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jnatung hingga sepertiga. Blueberry, strawberry, dan jenis buah berry lainnya mengandung antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah, menurut situs kesehatan.
Kandungan anthocyanin pada buah berry dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Dengan melebarkan pembulu darah, tekanan darah akan menurun dan mengurangi stres pada jantung juga organ vital lainnya.


2. Dark Chocolate

Cegah  Serangan Jantung dengan Konsumsi 4 Superfood IniFoto: iStock
Jenis cokelat ini sangat bermanfaat untuk jantung, sekaligus mengurangi peradangan dan berpotensi menurunkan tekanan darah. Situs kesehatan mengatakan bahwa manfaat tersebut hanya berlaku untuk cokelat yang memiliki 60% kakao.

Dark cokelat mengandung polifenol, yang membantu tekanan darah, pembekuan dan peradangan, sayangnya, cokelat susu dan kebanyakan permen tidak bisa melindungi mu.


3. Tomat
Cegah  Serangan Jantung dengan Konsumsi 4 Superfood IniFoto: Fox News/iStock
Tomat kaya akan mineral potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Tomat juga sumber lycopene antioksidan yang baik" katanya. Lycopene adalah karotenoid yang dapat membantu menyingkirkan kolestrol jahat, juga menjaga pembuluh darah agar tetap terbuka, dan yang pasti menurunkan risiko serangan jantung.

Tomat termasuk buah yang rendah kalori dan rendah gula. Anda bisa memakannya mentah atau menambahkan ke dalam salad, sop sayuran. Pastikan untuk mencuci bersih sebelum dimakan.


4. Alpukat
Cegah  Serangan Jantung dengan Konsumsi 4 Superfood IniFoto: iStock
Selain bisa mengusir kolesterol jahat, superfood ini bisa dipercaya untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Buah-buahan lembut dan lezat ini memiliki reputasi yang bagus untuk menyediakan tubuh dan hati dengan lemak yang sehat.

Seperti minyak zaitun, mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol, buah Alpukat juga tinggi antioksidan dan potasium. Mereka bisa dimakan sendiri atau dicampur ke guacamole, mungkin dengan beberapa tomat yang meningkatkan hati.

Baca juga : Wah, Rajin Makan Telur Bisa Kurangi Risiko Stroke dan Penyakit Jantung Lho!




Tonton juga 'Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Serangan Jantung, Hoax atau Tidak?':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)