Fobia pada Makanan Baru Bisa Memicu Beragam Penyakit Serius

Riska Fitria - detikFood Kamis, 04 Jul 2019 10:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Fobia terhadap makanan tertentu banyak dialami orang di dunia. Termasuk fobia terhadap makanan yang baru pertama kali diperkenalkan.

Pemilih dalam soal makanan banyak dilakukan orang. Demikian juga orang yang mengalami fobia pada makanan baru yang disebut neophobia, Mereka cenderung menolak makanan baru dan hanya mengonsumsi makanan yang sama terus-menerus. Hal ini banyak dialami oleh orang di berbagai negara.

Fobia pada Makanan Baru Bisa Memicu Beragam Penyakit SeriusFoto: iStock


Baca Juga : Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)

Selain dapat menimbulkan rasa takut dan cemas yang berlebih, neophobia juga bisa memicu penyakit serius seperti kekurangan gizi, diabetes dan penyakit jantung. Karena penderita neophobia umumnya hanya mengonsumsi makanan tertentu saja dalam jangka waktu lama.

Dilansir times of India (28/6), menurut sebuah studi yang dilakukan di Institut Nasional Finlandia yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, terdapat hubungan negatif antara kadar asam lemak omega 3 dan neophobia. Karena fobia ini berpengaruh pada selera makan, kualitas makanan dan yang pengaruhi metabolisme tubuh dan berat badan.

Fobia pada Makanan Baru Bisa Memicu Beragam Penyakit SeriusFoto: iStock


Penelitian ini melibatkan peserta dengan kelompok usia 25 dan 74 tahun ini mengamati beberapa parameter seperti kadar asam lemak, sitrat, dan kolestrol baik (HDL). Sehingga dapat disimpulkan bahwa neophobia berdampak serius pada kesehatan tubuh secara keseluruhan .

Baca Juga : Fobia Makanan yang Aneh, Fobia Sumpit Hingga Sayuran

Simak Video "Salenco, Kafe Sehat dengan Sajian Menu yang Memanjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)