Fobia Makanan yang Aneh, Fobia Sumpit Hingga Sayuran

- detikFood Selasa, 06 Okt 2015 10:53 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Fobia​ merupakan​ ketakutan seseorang terhadap sesuatu akibat pengalaman buruk​​.​ Seperti fobia makanan. Dari fobia alkohol hingga sumpit.

​Fobia tentu harus diatasi. Di antara banyak jenis fobia makanan, berikut ini ​fobia makanan yang aneh dan mungkin saja Anda alami seperti dilansir oleh MSN (05/10).

1. Lachanophobia (Takut Sayuran)



Lachanophobia adalah rasa ketakutan yang dialami seseorang ketika melihat sayuran. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan​.​ ​Seperti ​waktu kecil dipaksa memakan sayuran, kalau tidak makan akan dihukum.​ ​Ini menjadi salah satu alasan fobia dengan sayuran, bahkan mereka akan menghindari makanan dengan sayuran.

Fobia ini memiliki gejala sesak napas, tremor, menangis, berteriak, pingsan, peningkatan denyut jantung, suhu tubuh meningkat dan kehilangan kontrol.​ ​Untuk mengatasi fobia in​i ​dibutuhkan terapi khusus untuk mengatasi rasa takut.

2. Ichthyophobia (Takut Ikan)

Foto: Thinkstock

Beberapa orang fobia terhadap ikan, dalam kondisi hidup,mati,yang ada di​ ​laut maupun yang sudah siap disantap. Fobia ini muncul, mungkin dapat disebabkan bau dan tekstur ikan yang menakutkan atau menjijikan. Ata​u bisa juga​ disebabkan karena keyakinan yang kuat bahwa ikan adalah sumber penyakit. Untuk gejala dan cara mengatasinya sama seperti fobia lainnya.

3.Mycophobia (Takut Jamur)



Jamur sering dijadikan bahan ​masakan​ dan menjadi hidangan favorit b​anyak ​orang. Tapi tidak semua orang suka dengan jamur​. A​da beberapa orang yang takut atau fobia terhadap jamur, yang disebut Mycophobia. Penyebab fobia ini bisa karena efek halusinasi,ataupun faktor keturunan yang memiliki rasa takut juga terhadap jamur.

​Diperlukan ​​k​onsultasi dengan terapis untuk membantu rasa ketakutan dan kecemasan berkurang.

4. Methyphobia (Takut Alkohol)



Alkohol merupakan zat yang sering disalahgunakan.​ ​Methyphobic terjadi karena pengalaman traumatis akibat alkohol hingga agama yang melarang meminum alkohol.​ ​Gejala fobia ini bervariasi, beberapa orang jika melihat alkohol akan mulai berkeringat,​ ​tidak nyaman,​ ​mual,​ ​cemas dan panik.

Methyphobia dapat diatasi dengan pengobatan yang dilakukan oleh terapis dengan merelaksasikan otot. Jika k​o​ndisi fobianya parah makan harus diatasi dengan meminum obat anti kecemasan dari resep do​kter.​​


5. Consecotaleophobia (Takut Sumpit)



Consecotaleophobia merupakan fobia yang unik, karena orang akan takut ketika melihat sumpit. Alasan umum fobia terhadap sumpit adalah kesulitan menggunakannya. Beberapa orang mungkin memiliki pengalaman buruk, ketika makan menggunakan sumpit dan tidak bisa makan dengan benar dan menikmati makanan mereka.

Orang dengan fobia ini akan menghindari makanan C​h​ina, Jepang,Korea atau restoran Asia lainnya yang menggunakan sumpit.

6. Deipnophobia (Takut makan dengan orang lain)




Mereka yang​ menderita​ deipnophobic akan lebih memilih untuk makan sendiri karena mereka takut jika makan bersam-sama akan terjadi perbincangan. Hal ini bisa dikarenakan karena mereka tidak suka ketika makan ada orang yang berbicara atau melihat cara makan mereka sehingga mereka menghindarinya.

7. Cibophobia (Takut Makanan)



Cibophobia adalah orang yang takut dengan jenis makanan tertentu. Hal ini disebabkan karena traumat​ik​ yang dialami​. S​eperti keracunan,​ ​alergi makanan atau menemukan makanan yang menjijikan. Biasanya penderita fobia ini lebih teliti dan memilih-milih makanan.

Selain itu mereka yang memiliki Cibophobia akan berprilaku berlebihan terhadap makanan​. Misalnya,​ mengendus makanan secara berlebihan,​ ​membuang makanan yang masih baik untuk dikonsumsi karena rasa khawatir yang berlebihan.



(lus/odi)