Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Jan 2019 12:18 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Ketakutan pada berbagai makanan dikenal dengan istilah cibophobia. Perasaan takut ini disebabkan oleh rasa tak suka ataupun trauma pada berbagai makanan.

Para phobia makanan ini biasanya mengandalkan makanan yang aman dan menghindari makanan yang membuatnya takut. Meskipun terdengar aneh, para pengidap phobia ini bisa mengeluarkan reaksi panik hingga histeris ketika melihat makanan yang mereka benci.

8. Fructophobia
Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)Foto: Istock

Mirip seperti orang-orang yang menghindari sayuran, para fructophobia juga menghindari buah-buahan. Phobia ini agak aneh karena mengingat buah-buahan memiliki rasa dan tampilan yang menarik.

Para phobia ini takut pada beberapa jenis buah menjadi momok menakutkan. Termasuk juga produk olahan berbahan buah seperti sirup, minuman bahkan permen karet dengan rasa buah.

Baca juga : Wanita Ini Menderita Lachanophobia, Fobia terhadap Buah dan Sayur

9. Acerophobia
Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)Foto: Istock

Perasaan takut pada rasa asam juga dialami beberapa orang. Acerophobia membuat pengidapnya ketakutan pada makanan dan minuman yang rasanya asam.

Saat banyak orang mengandalkan makanan asam untuk menurunkan berat badan, maka pengidap phobia ini berusaha keras untuk menjauhinya.

10. Methyphobia
Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)Foto: Istock

"Methy" dalam bahasa Yunani berarti alkohol. Jadi methyphobia adalah orang-orang yang takut minum alkohol. Efek ketakutan akan mulai dirasakan bahkan ketika baru mencium aromanya.

Phobia alkohol ini biasanya diawali dengan rasa trauma karena pernah mengalami hal buruk karena mengonsumsi alkohol.

11. Ichthyphobia
Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)Foto: Istock

Bagi penggemar seafood, berbagai hidangan ikan dan seafood pastilah terlihat enak. Tapi tidak bagi ichthyphobia. Mereka adalah orang-orang pertama yang akan menolak menyantap ikan dan aneka seafood.

Meskipun ikan dan seafood mengandung banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan, para pengidap phobia ini memilih mencari alternatif makanan lain. Mereka dipastikan tidak akan suka sushi, sashimi maupun tomyum.

12. Alektorophobia
Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)Foto: iStock
Phobia yang satu ini mungkin membuat dahi mengkerut, pasalnya ada saja orang yang tak suka makan salah satu bagian ayam. Ya, para alektrophobia tak akan menyentuh olahan ayam yang terbuat dari bagian dada.

Mereka menyantap ayam asalkan berasal dari bagian selain dada. Pengidap phobia ini bahkan bisa histeris saat melihat dada ayam utuh tersaji di atas piring.

Baca juga : Fobia Makanan yang Aneh, Fobia Sumpit Hingga Sayuran

13. Consecotaleophobia
Yang Unik dan Aneh, 13 Phobia Makanan Ini Diderita Orang (2)Foto: Istock

Consecotaleophobia ditujuakan bagi orang-orang yang takut makan menggunakan sumpit. Ini juga berlaku untuk orang yang menghindari sumpit dan memilih menggunakan alat makan lain.

Phobia sumpit dialami orang-orang yang tak bisa menggunakan sumpit dengan baik. Biasanya ini terjadi pada orang yang berasal dari budaya makan tanpa sumpit. Daripada menyebabkan depresi karena makanan tak bisa disantap, mereka lebih memilih menghindari sumpit. (dvs/odi)