Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya Khasiat

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 24 Jun 2019 09:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makanan dengan rasa pahit kerap dihindari oleh banyak orang. Padahal makanan pahit ternyata memiliki banyak manfaat sehat.

Makanan manis dan gurih memang nampaknya lebih banyak digemari karena rasanya yang enak. Sedangkan makanan pahit lebih sering dihindari karena dianggap tidak enak. Bahkan ada yang mengira bahwa rasa pahit itu identik dengan makanan beracun.

Meskipun memiliki rasa yang tidak enak, ternyata makanan pahit sangat bergizi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bukan hanya sehat untuk penglihatan mata, usus dan kesehatan hati, namun juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker dan masalah jantung.

Dilansir dari E Times (20/6), berikut adalah 7 makanan pahit yang ternyata manfaatnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Tak Suka Makanan Pahit? Coba Siasati Dulu dengan 6 Cara Ini

1. Kale

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga

Kale merupakan raja dari semua sayuran sehat dan makanan yang padat nutrisi. Dipenuhi dengan antioksidan seperti quercetin dan kaempferol yang dapat mencegah kanker dan penuaan. Selain itu, kale juga dapat mendetoks tubuh, serta dapat memerangi pertumbuhan tumor.

Anda bisa makan kale rebus dan dijadikan sebagai salad kemudian tambahkan lemon untuk menghindari rasa pahitnya.

2. Pare

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: iStock

Pare memang dikenal sebagai makanan yang sangat pahit, namun ternyata pare sangat bagus untuk kebugaran tubuh. Pare dikemas dengan nutrisi dan antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, kalium dan folat, makanan super ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit, penglihatan dan mencegah kerusakan sel. Pare juga rendah kalori yang dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

Anda bisa memakan sayur pare yang dimasak dengan minyak zaitun atau bisa dijadikan jus.

3. Dandelion

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: iStock

Sebagian besar orang pasti tidak mengetahui apa itu dandelion. Biasanya hanya bunganya yang bagus dijadikan hiasan, padahal daunnya ternyata juga biasa digunakan untuk berbagai sifat medis. Dandelion adalah penyembuh yang kuat yang biasa digunakan untuk membersihkan darah. Ini juga dapat membantu pencernaan dan mencegah batu empedu.

Perlu diperhatikan, Anda memetik sayuran dari tanaman dandelion asli. Waktu terbaik untuk memetik dandelion adalah selama musim semi. Anda dapat menambahkan sayuran dandelion mentah ke smoothie dan menutupi rasa pahitnya dengan nanas segar.

4. Dark chocolate

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: Istimewa

Dark chocolate atau coklat hitam memang terbuat dari kakao. Kakao memiliki rasa yang sangat pahit, namun kaya akan polifenol dan memiliki efek anti peradangan yang kuat. Kakao juga dapat membantu aliran darah yang lebih baik, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol. Anda bisa mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang setiap harinya.

5. Red Wine

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: iStock

Kombinasi alkohol dengan polifenol dalam red wine ternyata dapat mencegah penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum segelas red wine setiap harinya akan memberikan umur lebih panjang dan meningkatkan jumlah bakteri usus yang sehat.

Anda bisa konsumsi red wine dalam jumlah sedang, karena konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati.


6. Teh Hijau

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: iStock

Dari Cina hingga India, teh hijau telah dikonsumsi selama berabad-abad untuk manfaat kesehatannya. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki antioksidan penting. Polifenol dalam teh hijau membantu membunuh sel kanker dan mencegahnya pertumbuhan kanker. Teh ini juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Anda bisa minum dua cangkir teh hijau setiap harinya.

7. Terong

Jangan Dihindari, 7 Makanan yang Rasanya Pahit Ini Justru Kaya KhasiatFoto: iStock

Terong juga dikenal memiliki rasa pahit, namun penuh dengan nutrisi. Terong tinggi serat, sehingga bagus untuk penurunan berat badan dan gula darah. Anda bisa memakan dan memasaknya dalam berbagai cara karena terong sering menjadi bahan makanan yang lezat.

Baca Juga: Daftar Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung Pestisida (dwa/odi)