Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Tekanan Darah Naik?

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 21 Jun 2019 05:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Tekanan darah tinggi bisa dipicu karena pola makan kurang sehat. Ada sementara orang menyebut sering minum kopi bisa tingkatkan tekanan darah.

Kopi adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi orang setiap harinya di dunia. Karena menurut penggemar kopi, minum kopi akan membuat mereka tetap berenergi kapan pun. Hal ini karena adanya kandungan kafein di dalamnya.

Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Tekanan Darah Naik?Foto: Istock

Kafein adalah zat kristal pahit putih yang bisa sangat beracun dalam dosis besar tetapi dalam dosis normal ia mengandung nilai terapeutik yang tinggi. Namun ada sementara orang yang menyebit minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah hingga tiga jam setelah dikonsumsi.

Dilansir dari Times of India (19/6) menurut beberapa peneliti, kafein menyebabkan kelenjar adrenalin Anda melepaskan lebih banyak adrenalin. Hal ini yang menyebabkan tekanan darah naik atau meningkat.

Baca Juga: Alat Ini Bisa Deteksi Jumlah Kafein dalam Secangkir Kopi

Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Tekanan Darah Naik?Foto: Istock

Orang yang minum kopi setiap hari akan memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak minum kopi. Orang-orang yang mengonsumsi kopi setiap hari, awalnya dapat mengalami tekanan darah tinggi. Tetapi selanjutnya tubuh akan secara bertahap terbiasa dengan jumlah kafein yang dikonsumsi.

Bagi Anda yang sudah punya tekanan darah tinggi maka perlu menghindari konsumsi kopi. Terutama sebelum melakukan kegiatan yang mnguras tenaga seperti olahraga atau mengangkat barang. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Karena kopi juga memiliki dampak lain seperti insomnia, kegelisahan atau tremor.

Namun jika ingin tetap minum kopi sebaiknya sebelum minum kopi dan 20 menit setelah minum secangkir kopi, Anda mengecek tekanan darah.

Baca Juga: Agar Tekanan Darah Tak Naik, Konsumsi Menu Sarapan Sehat Ini (dwa/odi)