Agar Tekanan Darah Tak Naik, Konsumsi Menu Sarapan Sehat Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Des 2018 05:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tekanan darah tinggi bisa memicu penyakit kronis lainnya. Untuk menjaga tekanan darah tinggi, sebaiknya konsumsi menu sarapan sehat ini.

Menurut sebuah penelitian, setidaknya lebih dari 25% orang dewasa di Inggris menderita tekanan darah tinggi. Kondisi ini juga dikenal sebagai hipertensi, yang memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah serta organ vital lainnya.

Baca Juga: Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat Ini
Agar Tekanan Darah Tak Naik, Konsumsi Menu Sarapan Sehat  IniFoto: iStock
Dilansir Express UK (15/12), merubah pola makan serta pilihan makanan dapat membantu mencegah tingginya tekanan darah di tubuh. Uniknya, telur menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan terutama bagi para penderita tekanan darah tinggi.

Menurut sebuah penelitian, protein dalam telur memproduksi bahan kimia tertentu, yang dikenal sebagai peptida. Peptida ini memiliki fungsi yang sama seperti kandungan obat untuk tekanan darah, pada umumnya.

Jika tidak suka telur rebus, tidak usah khawatir. Menurut penelitian dari Blood Pressure UK, telur goreng ternyata bisa memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan telur rebus.

Agar Tekanan Darah Tak Naik, Konsumsi Menu Sarapan Sehat  IniFoto: iStock
"Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa telur yang dimasak mungkin memikili peran serta fungsi, dalam menurunkan tekanan darah di tubuh," ungkap studi tersebut.

"Kandungan peptida berkerja untuk memblokir produksi zat kimia yang disebut sebagai angiotensin. Kandungan ini yang meningkatkan tekanan darah," l penjelasan pada studi tersebut.

Untuk memastikan kebenarannya, penelitian ini menggunakan model sistem pencernaan manusia untuk menunjukkan bahwa telur yang digoreng dan direbus, menghasilkan sejumlah kandungan peptida yang berguna untuk menghadang angiotensin.

"Temuan ini menunjukkan bahwa makan telur yang dimasak, bisa memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah Anda," lanjutnya.
Agar Tekanan Darah Tak Naik, Konsumsi Menu Sarapan Sehat  IniFoto: iStock
Makan telur secara teratur diketahui dapat meningkatkkan jumlah kolestrol baik di dalam tubuh. Sementara telur juga berguna untuk menurunkan risiko terserang stroke, terutama jika telur dikonsumsi lebih satu butir setiap hari.

Kemungkinan stroke akan menurun hingga 30%. Sementara ahli gizi menganjurkan untuk mengonsumsi 6 telur dalam seminggu, untuk manfaat kesehatan yang optimal.

Secara keseluruhan mengontrol tekanan darah adalah hal yang penting, apalagi hipertensi dapat meningkatkan seseorang mengalami komplikasi penyakit yang lebih serius seperti serangan jantung hingga stroke.

Meski begitu hal ini bisa dicegah dengan menjaga pola makan, serta menjalani gaya hidup sehat.


Saksikan juga video '5 Jus Ini Bagus Untuk Stabilkan Tekanan Darah':

[Gambas:Video 20detik]


Agar Tekanan Darah Tak Naik, Konsumsi Menu Sarapan Sehat  Ini


Baca Juga: Tekanan Darah Tinggi? Coba Atasi dengan Konsumsi 8 Makanan Bernutrisi Ini! (sob/odi)