Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup Krim

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 11 Jun 2019 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jagung mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah zat besi. Sayuran ini bisa mencegah anemia dan juga rasanya enak.

Jagung merupakan salah satu jenis sereal yang biasa dikonsumsi banyak orang untuk diet. Rasanya manis dan bisa diolah jadi makanan enak.

Jagung dapat dihidangkan dengan menu apapun karena jagung disukai oleh vegetarian maupun non-vegetarian. Jagung juga kaya akan nutrisi penting dan dapat menambahkan rasa manis ke dalam makanan Anda.

Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup KrimFoto: iStock

Biji jagung memiliki kalori lebih sedikit dan kadar lemak lebih rendah daripada biji-bijian sereal lainnya.

Sesuai data USDA, 100 gram biji jagung mengandung energi 64 kalori, yang artinya hanya sekitar 0,5 gram lemak. Bagi Anda yang sedang diet, Anda bisa menambahkan jagung ke dalam menu diet Anda. Anda juga bisa mendapatkan sekitar 2 gram protein.

Manfaat lainnya ialah jagung mengandung vitamin B12, asam folat dan zat besi. Mereka dapat berkontribusi dalam produksi sel darah merah yang dapat mengurangi risiko anemia.

Selain itu, jagung juga dikenal sangat baik untuk program diet. Anda akan menambahkan kalori sehat dibandingkan dengan lemak jahat dari junk food.

Jagung juga baik untuk kulit karena mengandung Vitamin C dan likopen yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dikenal dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, jagung manis dan minyak jagung juga dapat meningkatkan aliran darah, dan menurunkan penyerapan kolesterol.

Seperti yang telah dilansir dari laman NDTV Food (7/6), berikut ini beberapa cara menarik untuk menambahkan jagung ke dalam menu Anda.

Baca Juga: Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini BIsa Bikin Diet Gagal

1. Salad jagung

Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup KrimFoto: iStock

Dalam membuat salad, Anda juga dapat menambahkan jagung di dalamnya. Jagung tidak hanya akan menambah rasa yang berbeda pada salad tetapi juga dapat menambah manfaat kesehatan.

Anda bisa mengiris bawang, cabai, tomat dan tambahkan dengan sedikit jus jeruk nipis ke salad kemudian lemparkan bersamaan dengan biji jagung rebus atau jagung manis.

Untuk membuatnya, Anda bisa membaca resep di sini.

2. Bubur jagung

Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup KrimFoto: detikfood

Sumber karbohidrat selain nasi, bisa diberikan jagung manis. Selain rasanya lebih enak, kandungan nutrisinya juga lengkap. Apalagi ditambah potongan daging ayam yang kaya protein dan juga sayuran. Rasanya gurih lembut dan mudah disantap.

Kalau tertarik membuatnya di rumah sebagai menu sarapan. Bisa lihat resepnya di sini.

3. Sup krim jagung

Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup KrimFoto: iStock

Hangat dan gurih, rasa sup kental ini cocok dinikmati saat udara dingin. Renyah segar butiran biji jagung, susu dan keju yang gurih membuat sup ini sangat nikmat. Apalagi dinikmati hangat dengan roti.

Anda bisa membaca resep lengkapnya di sini.

4. Sup kentang jagung manis

Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah Jadi Salad Hingga Sup KrimFoto: iStock

Bagi Anda yang sedang diet tentu sangat menghindari nasi. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat sup kentang sebagai sumber karbohidrat. Tak lupa dilengkapi dengan jagung manis, ayam cincang, dan kaldu ayam.

Bukan hanya untuk si kecil, bagi Anda yang sedang diet juga bisa mencobanya. Anda bisa baca resep lengkapnya di sini.

Baca Juga: Sarapan Sago Jagung yang Sederhana tapi Nikmat Luar Biasa

(lus/odi)