Ditemukan Ada Zat Kimia Tersembunyi dalam Susu Hingga Daging

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 11 Jun 2019 10:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Di dokumen FDA ternyata menunjukkan kalau makanan favorit kita mengandung zat kimia. Banyak terdapat pada susu, daging hingga kue cokelat.

Food and Drug Administration atau FDA merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Seperti namanya, badan ini bertugas mengatur makanan serta segala hal yang berhubungan dengan medis di Amerika Serikat.

Ditemukan Ada Zat Kimia Tersembunyi dalam Susu Hingga DagingFoto: iStock

Berdasarkan dokumen yang disajikan oleh FDA pada konferensi ilmiah di Finlandia, mereka telah menemukan dan menganalisis pada Oktober 2017 lalu, adanya Perfluorinated Alkylated Substances atau PFAS pada daging, susu, sayuran hijau, dan bahkan kue coklat yang biasa dibeli di toko kue.

Baca Juga: Dalam Pembuatan Kue, Ada Reaksi Kimia yang Disebabkan 4 Bahan Ini

PFAS merupakan bahan kimia sintesis yang biasa digunakan untuk keperluan industri. PFAS banyak ditemukan dalam perlatan masak non stick hingga kotak pizza. Dan bahan kimia ini berisiko sejumlah masalah penyakit berat seperti kanker, kerusakan hati, dan peningkatan risiko keguguran.

Seperti yang telah dilansir dari Delish (6/6), dokumen FDA juga menemukan tingkat PFAS lebih tinggi pada kue coklat.

"Mengukur konsentrasi PFAS dalam makanan, memperkirakan paparan makanan dan menentukan efek kesehatan yang terkait," kata FDA dalam sebuah pernyataan Associated Press.

Banyak masyarakat Amerika Serikat yang mengritik pemerintah karena tidak bertindak lebih cepat untuk menghentikan penggunaan PFAS ini.

Ditemukan Ada Zat Kimia Tersembunyi dalam Susu Hingga DagingFoto: shutterstock


Maka dengan adanya kasus ini harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan supaya terhindari dari bahan kimia yang berbahaya ini.

Baca Juga: Supaya Zat Kimia dalam Beras Hilang, Ikuti 5 Langkah Penting Ini (lus/lus)