Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa? Atasi dengan Cara Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 20 Mei 2019 18:00 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kurang minum selama puasa bisa bikin bibir kering dan pecah-pecah. Ada 8 bahan alami yang bisa Anda gunakan agar bibir lembut dan tidak kering.

Siapa yang tak suka dengan bibir yang lembut dan mengkilap? Bagi para wanita tentu sering menggunakan pelembab. Jika kekurangan cairan, bibir akan lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Terutama saat cuaca panas dan lama berada di ruangan AC. Ini adalah masalah umum pada orang-orang tanpa memandang jenis kelamin. Bibir Anda akan kehilangan kelembaban akibat kondisi cuaca, merokok, kekurangan vitamin, reaksi alergi, menjilati bibir secara berlebihan dan sering kali karena dehidrasi.

Untuk menghilangkan keresahan tersebut, maka cobalah cara sederhana ini. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur bahan-bahan tertentu dan oleskan pada bibir Anda maka bibir akan lebih halus dan cerah.

Baca Juga: Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan Kencang

1. Minum Air

Minumlah banyak air dan menjaga diri Anda tetap terhidrasi apa pun musimnya. Dehidrasi adalah salah satu alasan utama di balik bibir kering terutama di musim panas dan tidak ada lip balm atau obat rumahan yang akan bekerja, jika Anda tidak minum cukup air.

Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa? Atasi dengan Cara IniFoto: istock

2. Madu

Madu adalah pelembab alami untuk merawat bibir kering dan pecah-pecah. Madu memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah infeksi dan mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh infeksi. Ini dapat diterapkan secara langsung atau dicampur dengan vaseline.


3. Gula

Gula berfungsi sebagai scrub alami untuk bibir karena membantu dalam pengelupasan dan membersihkan lapisan sel kulit mati pada bibir. Ini juga bisa menghasilkan warna alami pada bibir. Anda bisa campurkan dengan minyak zaitun atau madu dan oleskan dalam gerakan melingkar untuk pengelupasan kulit.


4. Timun

Mentimun dikenal karena sifat menghidrasi nya. Maka mentimun bisa menghilangkan semua kekeringan dari bibir Anda serta memberi vitamin dan mineral penting. Ini cukup efektif pada bibir kering di musim panas. Anda bisa menggosok irisan mentimun dengan lembut di bibir atau mengoleskan jus mentimun. Biarkan jus selama 10 menit, lalu cuci bersih.

Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa? Atasi dengan Cara IniFoto: Istock

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menambah kelembapan pada bibir dan kulit kering. Minyak ini mengandung asam lemak sehat yang dibutuhkan untuk membuat bibir lembut. Minyak ini dapat dicampur dengan minyak esensial yang mempercepat proses penyembuhan.

6. Kelopak Mawar dan Susu

Vitamin E hadir dari kelopak mawar. Kelopak ini dapat menenangkan bibir dan mengembalikan warna alami pada bibir. Anda bisa menumbuk dan mengoleskannya atau mencampurnya dengan susu. Susu kaya asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati dari bibir.

7. Gel dari Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat penyembuhan yang dapat membantu merawat bibir kering. Gel dari lidah buaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit di bibir. Meskipun memiliki rasa pahit tetapi dapat menghasilkan bibir mengkilap seperti yang diinginkan. Cukup oleskan gel ini pada bibir Anda dan biarkan semalaman kemudian bersihkan di pagi hari.

Bibir Kering dan Pecah-pecah Selama Puasa? Atasi dengan Cara IniFoto: iStock

8. Jus Lemon

Jus lemon telah terbukti efektif dalam merawat bibir yang kering dan gelap. Terlepas dari pengelupasan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati, jus ini juga bisa sebagai pemutih alami dan menghasilkan bibir merah muda kemerahan. Anda bisa mencampurnya dengan madu dan oleskan ke seluruh bibir. Biarkan sekitar 10 menit kemudian cuci bersih.

Baca Juga: Agar Bibir Tak Kering dan Pecah Ini 8 Asupan yang Perlu Dikonsumsi (lus/lus)