Sahur dengan Kurma Plus Susu Bisa Dapat Manfaat Sehat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Mei 2019 03:13 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Malas makan sahur? Coba cicip kurma dan segelas susu hangat. Selain mengenyangkan, sajian praktis ini punya banyak manfaat sehat.

Menu sahur praktis bisa didapat dari asupan beberapa butir kurma dan segelas susu hangat. Kombinasi ini bisa memasok cukup energi untuk seharian. Bonusnya, ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dari makan kurma plus minum sahur.

Kurma sendiri terkenal sebagai salah satu buah sehat. Kurma mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, hingga magnesium. Dalam satu butir kurma dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram dengan serat 2 gram dan gula 16 gram.

Sahur dengan Kurma Plus Susu Bisa Dapat Manfaat Sehat IniFoto: iStock

Baca Juga: Susu dan Kurma Jadi Menu Sarapan Favorit Raja Salman

Kandungan serat pada kurma juga baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, kurma diyakini mampu melindungi lambung dan saluran usus dari bakteri atau parasit. Disarankan mengonsumsi 6-8 butir kurma per hari.

Untuk paduannya, segelas susu hangat jadi pilihan sempurna. Satu gelas susu seukuran 250 ml menyediakan 146 kalori, 8 gram lemak, 11 gram karbohidrat, 8 gram protein dan 13 gram gula.

Techno Male (17/5) merangkum beberapa manfaat sehat dari makan kurma dan minum susu untuk sahur. Yang paling utama adalah mencegah dan menyembuhkan anemia. Selain itu, kesehatan tulang juga terjaga karena kurma tinggi mineral yang baik untuk tulang seperti halnya susu.

Penderita tekanan darah tinggi juga baik mengasup paduan makanan ini. Kurma tergolong tinggi magnesium yang bisa bantu menstabilkan tekanan darah. Selain itu, kurma baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Sahur dengan Kurma Plus Susu Bisa Dapat Manfaat Sehat IniFoto: iStock

Kalau bosan dengan kurma atau susu saja, coba padukan kedua bahan makanan ini. Anda bisa membuat Kurma Smoothies di rumah. Bahan yang perlu disiapkan adalah 10 butir kurma segar (buang bijinya), 250 ml yogurt tawar dingin, 100 ml susu cair dingin, dan 75 ml madu.

Untuk membuatnya tinggal masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses hingga halus lalu tuang dalam gelas saji. Resep ini bisa untuk 2 gelas Kurma Smoothies.

Baca Juga: Sluurp! Segar dan Legit Jus Kurma yang Berjumlah Ganjil
(adr/odi)