Sluurp! Segar dan Legit Jus Kurma yang Berjumlah Ganjil

Agus Setyadi - detikFood Sabtu, 27 Apr 2019 10:23 WIB
Foto: Agus Setyadi/detikcom Foto: Agus Setyadi/detikcom
Jakarta - Kurma biasanya identik dengan buah saat berbuka puasa. Namun di kafe di Aceh Besar ini, kurma diolah menjadi jus segar dan nikmat.

Jus kurma bisa dibuat dari buah kurma pilihan yang sudah dibuang bijinya. Di Cafe D'Energy di Kompleks SPBU Lamsayeun, Aceh Besar, Aceh, barista meracik jus dengan kurma berjumlah ganjil.

Untuk prosesnya, kurma yang sudah disiapkan diblender hingga larut dan kental. Kemudian ditambah sedikit es batu lalu diproses hingga lembut. Jadilah jus yang segar dan manis.

Sluurp! Segar dan Legit Jus Kurma yang Berjumlah GanjilFoto: iStock
Begitu disajikan, manis legit kurma terasa kuat. Dengan sedikit berbuih, aroma kurmanya juga tercium. Ketika dihidangkan ke pelanggan, ditaruh kurma utuh pada ujung gelas. Jus kurma pun siap untuk disantap.

Di kafe yang terletak dipinggir sawah ini, jus kurma tersedia setiap hari. Satu gelasnya dibanderol dengan harga Rp 21.000. Pelanggan dapat menikmati sajian jus kurma sambil menengok hamparan persawahan.

"Jus ini manis kurma asli tanpa campuran gula. Kita pakai kurma metode sunnah yaitu kurma jumlahnya ganjil, kita ada dasarnya. Mungkin dari ganjil juga bisa positif untuk kesehatan," kata pemilik Cafe D' Energy, Nahrawi Noerdin kepada detikFood, Jumat (26/4/2019).

Sluurp! Segar dan Legit Jus Kurma yang Berjumlah GanjilFoto: Agus Setyadi/detikcom

Kurma yang dipakai untuk jus ini dipasok dari Jakarta. Nahrawi mengaku dalam sehari dia menghabiskan hingga lima kilogram kurma pilihan. "Kurma yang kita pakai kurma pilihan. Kurma kalau gak benar penyajiannya bisa bikin batuk orang. Ini kan kulitnya waktu di blend itu semuanya merata. Jadi kita verifikasi gak semua masuk," jelas Nahrawi.

Jus kurma ini sudah disediakan kafe sejak tiga bulan lalu dan menjadi minuman favorit di sana. Artis Zaskia Sungkar ketika berkunjung ke Aceh juga ikut mencoba manis legitnya jus kurma.

Kurma sendiri seperti diketahui mengandung banyak manfaat. Tak hanya enak dan segar, namun kurma juga bernutrisi tinggi. Kurma kaya akan vitamin C yang sangat berperan dalam mempertahankan daya tahan tubuh.

Selain itu, jus kurma juga cocok bagi penderita demam berdarah, karena bisa meningkatkan kadar trombosit. Jus kurma juga ampuh atasi diare, flu, dan juga radang tenggorokan.

"Kita di sini menyajikan minuman segar dan sehat," ungkap Nahrawi.

(agse/odi)