Makan 5 Buah Ini Saat Sahur Agar Kenyang dan Tak Kurang Cairan

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 15 Mei 2019 03:41 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Agar kenyang lebih lama, sebaiknya konsumsi 5 buah ini saat sahur. Tak hanya kaya serat, kelimanya juga mengandung air dan ragam vitamin.

Menyetok buah-buahan sebagai menu sahur bisa jadi solusi yang praktis dan menyehatkan. Namun tidak semua buah pas disantap sebagai menu sahur. Tapi 5 buah yang kaya serat dan bikin tubuh kenyang lebih lama ini justru baik disantap ketika sahur.

1. Kurma

Makan 5 Buah Ini Saat Sahur Jika Ingin Kenyang Lebih Lama dan Tetap TerhidrasiFoto: iStock

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini jadi primadona saat bulan Ramadan. Tak hanya baik dijadikan menu berbuka, kurma juga sehat dimakan saat sahur. Kurma kaya akan gula alami, serat, mineral, fitonutrien, kalium, magnesium, zat besi, protein dan lemak.

kurma dapat menahan rasa lapar, bahkan membantu menurunkan berat badan. Kurma juga mengandung protein dan serat yang berguna untuk menambah energi tubuh ketika berpuasa.

2. Stroberi

Makan 5 Buah Ini Saat Sahur Jika Ingin Kenyang Lebih Lama dan Tetap TerhidrasiFoto: Istock

Strawberry mengandung polifenol yang terbukti membantu menurunkan berat badan, menghentikan sel lemak, dan membantu tubuh merasa kenyang. Selain itu, stroberi juga mengandung potasium yang bantu mengurangi kandungan air dalam tubuh hingga sebabkan kembung. Anda bisa mencampur stroberi dengan buah lain atau susu saat sahur.

Baca juga: Strawberry yang Manis Asam Punya 8 Manfaat Sehat Ini

3. Pisang

Makan 5 Buah Ini Saat Sahur Jika Ingin Kenyang Lebih Lama dan Tetap TerhidrasiFoto: Istock

Pisang kaya akan serat, baik serat larut maupun serat tak larut. Serat larut memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Enaknya lagi pisang mudah dicerna dan baik bagi usus. Enzim dalam pisang juga mampu mempercepat proses pencernaan.

Baca juga: Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 7 Manfaat Ini!

4. Apel

Makan 5 Buah Ini Saat Sahur Jika Ingin Kenyang Lebih Lama dan Tetap TerhidrasiFoto: Istimewa

Sebagai buah yang paling mudah ditemukan, apel kaya akan gizi. Apel mengandung karbohidrat sehat yang bisa tingkatkan serat dalam tubuh sehingga membuat tubuh merasa lebih kenyang. Tak hanya itu, apel juga menjaga kadar gula darah dan kaya akan flavonoid. Pastikan makan apel beserta kulitnya karena kulit apel punya banyak nutrisi.

5. Alpukat

Makan 5 Buah Ini Saat Sahur Jika Ingin Kenyang Lebih Lama dan Tetap TerhidrasiFoto: Istimewa

Buah yang satu ini juga sangat digandrungi banyak orang. Buah berdaging lembut creamy ini mengandung sekitar 20 vitamin. Seperti fitonutrien, termasuk vitamin B6, C, dan E. Alpukat baik bagi tubuh karena mengandung lemak baik yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini dapat menurunkan kolestrol jahat, mengandung vitamin E, dan membantu perkembangan sel tubuh. Selain menyehatkan, alpukat juga amat mengenyangkan.

Baca juga: Salad Juga Baik Dikonsumsi Saat Sahur atau Sarapan
(dwa/odi)