Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 7 Manfaat Ini!

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Rabu, 13 Des 2017 06:03 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain enak, pisang juga bisa jadi pilihan sarapan praktis. Dengan konsumsi buah ini, tubuh akan cukup serat dan juga menambah semangat saat bekerja!

Buah yang satu ini sangat cocok jadi salah satu buah yang baik dikonsumsi pagi hari. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dan serat yang dapat menyediakan tenaga instan untuk memulai hari. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu lancarkan pencernaan.

Satu buah pisang mengandung 90 Kkal. Selain itu, buah pisang juga sangat cocok dijadikan sebagai pengganti camilan sehat yang kaya manfaat. Dikutip dalam NDTV (08/12) buah pisang punya beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Baca juga: Apa Benar Pisang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan?

1. Tinggi serat

Pisang kaya akan serat, baik serat larut dan serat tidak larut. Serat larut memiliki kecenderungan untuk memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Karena itulah pisang sering disertakan dalam makanan sarapan pagi, sehingga Anda bisa memulai hari Anda tanpa khawatir dengan makanan selanjutnya. Selain bisa dinikmati langsung, buah pisang juga cocok dijadikan sebagai campuran makan oatmeal hingga isian roti tawar.

Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 8 Manfaat Ini!Foto: iStock

2. Kesehatan jantung

Makanan tinggi serat dikatakan baik untuk jantung. Menurut penelitian dari University of Leeds di Inggris, dengan meningkatnya konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (CHD).

3. Mudah dicerna

Menurut Ayurveda, pisang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Rasa manis dikatakan membawa rasa nikmat tapi rasa asam diketahui dapat merangsang cairan untuk pencernaan, sehingga mendukung pencernaan dan membantu dalam membangun metabolisme.

Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 7 Manfaat Ini!Foto: iStock

4. Tinggi kandungan nutrisi

Pisang merupakan sumber penting dari nutrisi. Mengandung vitamin penting dan mineral seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, folat, niasin, riboflavin, dan B6. Semuanya berkontribusi untuk kelayakan fungsi tubuh dan menjaga Anda untuk tetap sehat.

5. Tinggi kalium

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang menjadikannya buah yang sangat direkomendasikan. Mineral ini dikenal dengan banyak khasiat manfaat kesehatannya, Seperti dapat membantu mengatur detak jantung, tekanan darah serta membantu otak tetap sehat.

Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 7 Manfaat Ini!Foto: iStock

6. Tekanan darah

Diketahui fakta bahwa garam menjadi ancaman bagi tingginya tekanan darah. Pisang memiliki kandungan garam rendah dan kandungan potassium tinggi. Sifat inilah yang membuat pisang sangat cocok dikonsumsi agar tekanan darah tetap normal.

7. Membantu mencegah anemia

Kandungan zat besi yang terkandung didalamnya bisa bantu cegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Hal ini akan menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan pucat.

Secara umum kandungan gizi dalam satu buah pisang matang adalah 99 kalori, 25,8 mg karbohidrat, 1,2 gr protein, 0,7 gr serat, 8 mg kalsium dan 0,2 gr lemak.

Baca juga: Amankah Makan Pisang yang Kulitnya Sudah Berbintik Cokelat? (lus/lus)