Apa Benar Pisang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 07 Apr 2017 15:13 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pisang kerap jadi menu sarapan karena praktis dan mengenyangkan. Tetapi apakah aman konsumsi pisang di pagi hari saat perut kosong?

Menyantap pisang saat sarapan dilakukan banyak orang karena tak perlu repot mengupas buah. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis membuat buah tropis ini semakin disukai.

Terlebih pisang punya beragam manfaat kesehatan seperti menyehatkan jantung, cegah sembelit, hingga mengontrol gula darah. Pisang juga tinggi kandungan zat besi yang menstimulasi produksi hemoglobin serta bantu atasi anemia.

Apa Benar Pisang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan?Foto: ilustrasi/thinkstock

Meski begitu, masih ada perdebatan soal baik atau tidaknya mengonsumsi pisang saat sarapan alias ketika perut masih kosong.

"Pisang adalah sumber potassium, serat dan magnesium yang bagus. Ketiganya mampu tingkatkan energi dan kurangi rasa lapar. Pisang harusnya dimakan tiap orang setiap hari," ujar ahli gizi Dr. Shilpa Arora seperti diberitakan NDTV (6/4).

Namun menurut ahli gizi Dr. Anju Sood pisang bagus dikonsumsi saat sarapan asalkan tidak dalam keadaan perut kosong.

Apa Benar Pisang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan?Foto: iStock

"Anda harus memadukannya dengan buah-buahan kering, apel dan buah lainnya untuk meminimalisir kandungan asam dalam tubuh."

Menurut Dr. Sood, tingginya asam dalam tubuh bisa sebabkan ketidakseimbangan kalsium dan magnesium dalam darah. Sehingga munculkan efek berlawanan pada sistem kardiovaskular.

Pada intinya tak masalah mengonsumsi pisang saat sarapan, namun penting untuk memadukannya dengan makanan lain. Anda bisa membuat smoothies pisang dengan paduan buah strawberry atau memadukan pisang dengan oatmeal.

(adr/odi)