Jika Rutin Dikonsumsi, Red Wine, Kopi Hingga Buah Bisa Cegah Kanker Payudara

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 08 Mei 2019 10:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ada beberapa makanan dan minuman yang jika rutin dikonsumsi, ternyata dapat mencegah risiko kanker payudara. Berikut penjelasan ahli.

Selain kanker serviks, salah satu penyakit yang ditakuti kaum wanita adalah kanker payudara. Dengan bertambahnya stadium, kanker payudara dapat menyebabkan kondisi lebih parah karena dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lain.

Jika Rutin Dikonsumsi Red Wine, Kopi Hingga Buah Bisa Cegah Kanker PayudaraFoto: iStock

Meski demikian, ada cara untuk mencegah risiko kanker payudara. Menurut penelitian terbaru, rutin konsumsi kopi, buah-buahan, red wine dan sayuran ternyata dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker Usus

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Navarra dan Universitas Jaen di Spanyol, telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat melindungi Anda dari risiko kanker payudara pasca-menopause. Menurut para peneliti, hal ini disebabkan karena adanya kandungan asam fenolik pada makanan atau minuman tersebut.

Asam fenolik bisa ditemukan dalam berbagai makanan berbahan nabati, seperti biji-bijian, blueberry, buah jeruk, gandum dan beras. Bahkan zat ini juga ada dalam red wine.

Jika Rutin Dikonsumsi Red Wine, Kopi Hingga Buah Bisa Cegah Kanker PayudaraFoto: iStock

Penelitian yang dipresentasikan dalam Kongres Eropa tentang obesitas di Glasgow ini, telah melihat hubungan antara asam fenolik dengan kanker payudara. Mereka menggunakan responden sebanyak 11.028 wanita. Setiap peserta dianalisis untuk konsumsi asam fenolik selama kurang lebih 12 tahun.

Untuk memastikan berapa banyak asam fenolik yang dikonsumsi, para wanita diminta untuk melaporkan seberapa sering mereka mengonsumsi 136 jenis makanan berbeda, melalui kuesioner. Hasil itu kemudian dibandingkan dengan database kandungan asam fenolik yang ada di setiap makanan.

Jika Rutin Dikonsumsi Red Wine, Kopi Hingga Buah Bisa Cegah Kanker PayudaraFoto: iStock

Para peneliti menemukan, wanita yang banyak konsumsi asam hidroksisinamat atau asam fenolik, mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 62%, dibandingkan mereka yang mengonsumsinya hanya sedikit.

Di sisi lain, asam klorogenik yang merupakan salah satu jenis asam hidroksisinamat, ternyata juga memiliki efek paling kuat dalam hal pengurangan risiko kanker payudara. Bahkan asam klorogenik ini diketahui banyak terdapat di kopi, buah-buahan, dan sayuran. Wanita yang banyak mengonsumsi kopi, buah-buahan, dan sayuran dapat mencegah risiko kanker payudara hingga 65%.

Baca Juga: Jika Terlalu Sering Dikonsumsi, 5 Makanan Ini Bisa Picu Kanker (lus/lus)