Belanja Ramadan

Biar Tetap Sehat Saat Puasa, Jangan Lupa Siapkan 5 Bahan Makanan Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 15:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Selain perlu stok bahan makanan beku dan kering. Anda juga perlu menyimpan bahan makanan sehat untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Apa saja ya?

Menjaga kesehatan saat berpuasa wajib hukumnya. Tentu beberapa makanan sehat seperti kurma, susu, madu dan juga smoothie atau jus perlu di stok untuk dikonsumsi rutin setiap hari.

Berikut ini makanan sehat yang bisa disimpan dalam dapur selama bulan puasa.

1. Madu

Biar Tetap Sehat Saat Puasa, Jangan Lupa Siapkan 5 Bahan Makanan Ini Foto: iStock

Madu terkenal punya banyak khasiat. Sebagai pemanis alami, madu mengandung serat, vitamin dan mineral yang penting. Meskipun manis, madu dapat membantu menyeimbangkan kadar gula di tubuh dan membantu penurunan berat badan.

Saat sahur, Anda bisa mengonsumsi 2 sdm madu untuk menjaga stamina. Selain itu, Anda bisa juga mengonsumsi madu bersama dengan air hangat. Madu juga bisa ditambahkan dengan teh hijau yang keduanya sama-sama mengandung antioksidan.

Baca juga: Padukan Madu dengan 8 Bahan Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badan (2)

2. Susu

Biar Tetap Sehat Saat Puasa, Jangan Lupa Siapkan 5 Bahan Makanan Ini Foto: iStock

Susu mengandung kalsium dan juga protein. Rutin mengonsumsi susu juga dapat mencegah osteoporosis. Mengandung kalium, susu juga memiliki fungsi penting seperti transmisi saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah. Sekaligus mengatur tekanan darah, yang dibutuhkan oleh otot tubuh.

Ada vitamin A, B-12, hingga vitamin D dalam segelas susu. Vitamin A dapat membantu menjaga penglihatan yang baik dan membuat kulit tetap lembut dan halus. Vitamin A dalam susu dapat mengontrol pertumbuhan sel dan berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh kita.

Sementara vitamin B-12 penting untuk sistem saraf dan pembentukan darah. Ada juga vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta pembentukan tulang.

Stok susu UHT dalam kemasan sekali minum agar lebih mudah disimpan.

3. Kurma

Biar Tetap Sehat Saat Puasa, Jangan Lupa Siapkan 5 Bahan Makanan Ini Foto: iStock


Kurma jadi salah satu buah yang identik saat Ramadan. Konsumsi kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan. Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat sebagai memasok energi sesaat setelah berbuka.

Dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara itu, untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat sebanyak 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Kurma mengandung serat larut yang cukup tinggi. Konsumsilah kurma dengan paduan air putih, atau Anda dapat merendam kurma dalam air semalam dan mengonsumsinya pada keesokan paginya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Kacang-kacangan

Biar Tetap Sehat Saat Puasa, Jangan Lupa Siapkan 5 Bahan Makanan Ini Foto: iStock

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang almond hingga kedelai mengandung tinggi protein. Aneka kacang-kacangan ini bisa dijadikan sebagai camilan sehat saat berbuka atau sahur.

Kacang-kacangan juga mengandung serat tinggi yang bisa bantu mengenyangkan perut lebih lama. Jangan pilih kacang goreng, pilihlah kacang-kacangan yang dibuat dengan cara dipanggang tanpa tambahan minyak.

5. Smoothie

Biar Tetap Sehat Saat Puasa, Jangan Lupa Siapkan 5 Bahan Makanan Ini Foto: iStock

Dibandingkan jus, smoothie lebih disarankan karena tinggi nutrisi. Smoothie yang umumnya ditambahkan campuran yogurt, biji-bijian, dan kacang-kacangan membuat minuman ini lebih banyak mengandung gizi.

Seratnya pun lebih banyak karena ampas buah atau sayur tidak dibuang. Namun jika dikonsumsi berlebihan, smoothie bisa menyebabkan menumpuknya kalori yang berimbas pada kegemukan.

Sehingga saat berpuasa, sebaiknya konsumsi smoothies satu kali sehari. Pastikan tidak menambahkan gula atau susu kental manis di dalamnya. Supaya tak ada lonjakan kalori dalam jumlah besar.

Baca juga: Ini 4 Cara Meracik Smoothies Lebih Sehat dengan Rasa Manis Alami (lus/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan