Kulit Pisang hingga Kulit Semangka Ternyata Bernutrisi dan Bisa Dimakan

Shara Azzhara - detikFood Senin, 29 Apr 2019 16:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Bukan hanya apel yang bisa dimakan bersama kulitnya, pisang hingga semangka juga punya kulit yang aman dikonsumsi. Pada kulit buah ini juga terkandung nutrisi yang menyehatkan.

Banyak cara untuk mengurangi sampah makanan sehari-hari. Salah satu cara termudah adalah dengan memakan buah bersama kulit atau bijinya. Mungkin tidak semua buah punya kulit atau biji yang bisa dimakan karena terlalu keras, namun ada buah populer yang memilikinya.

Today (29/4) merangkum informasi soal empat buah yang lebih baik dimakan bersama kulitnya. Mulai dari pisang hingga semangka.

Baca juga: Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya Manfaat

Kulit Pisang hingga Kulit Semangka Ternyata Bernutrisi dan Bisa DimakanFoto: Istimewa

1. Pisang
Jika dibersihkan dengan benar, pisang dapat dikonsumsi dengan kulitnya. Satu buah pisang mengandung 422 miligram potasium dan kulitnya mengandung tambahan sebanyak 78 miligram. Jumlah ini cenderung sangat tinggi sehingga sayang untuk diabaikan. Namun jangan lupa untuk mencuci bersih pisang guna menghilangkan bakteri dan debu yang menempel.

Cara mengolah kulit pisang dapat dilakukan dengan mencuci dan membuang batangnya. Kemudian campurkan dalam bahan smoothie, goreng menjadi camilan, atau panggang selama 10 menit. Rasa dari kulit pisang memang lebih sepat dan pahit. Namun seiring matangnya pisang, maka rasa kulitnya akan lebih manis.

2. Kiwi
Di dalam kulit kiwi ternyata terdapat berbagai nutrisi. Selama Anda mencucinya dengan bersih, kulit kiwi yang coklat dan berbulu halis ini dapat Anda konsumsi. Menurut penelitian California Kiwi Commission, menyantap kiwi dengan kulitnya meningkatkan 30% kandungan serat. Selain itu, kulit kiwi juga mengandung vitamin E, folat, dan polifenol yang memberikan efek antioksidan.

Cucilah buah kiwi hingga bersih dan langsung masukan ke dalam juicer tanpa dikupas. Jika Anda ingin membuat salad buah, cuci dan irislah kiwi tanpa mengupas kulitnya.

Baca juga: Jangan Dibuang! 6 Kulit Buah dan Sayur ini Punya Banyak Manfaat

Kulit Pisang hingga Kulit Semangka Ternyata Bernutrisi dan Bisa DimakanFoto: iStock

3. Jeruk
Penggunaan kulit jeruk sebagai zest untuk menambah aroma masakan mungkin sudah umum. Namun mengonsumsi kulit jeruk secara keseluruhan tidak begitu disukai karena rasanya yang cenderung pahit. Jika Anda mengolahnya dengan benar, kulit jeruk akan terasa lezat.

Anda dapat memasak jeruk utuh menjadi Marmalade yang segar. Pastikan untuk mencuci jeruk dengan air mengalir. Selain itu irisan jeruk dan kulitnya dapat dipanggang dan disantap bersama salad atau pasta. Anda juga dapat membuat permen yang manis dari kulit jeruk.

4. Semangka
Buah kaya kandungan air ini memang sangat terkenal dengan kesegarannya. Selain memberikan hidrasi bagi tubuh, semangka juga mengandung likopen, potasium dan vitamin A. Jika Anda memakan semangka dengan kulitnya, nutrisi yang didapatkan akan lebih lengkap lagi. Bagian putih dan hijau pada semangka mengandung asam amino citrulline.

Menurut Watermelon Board, keseluruhan buah semangka termasuk kulit luarnya dapat dikonsumsi. Jika memakannya secara langsung terasa aneh, Anda dapat mencampurkannya dalam smoothie atau menjadikannya acar.

Baca juga: Keren! Sepatu Kulit Kekinian Ini Terbuat dari Buah Nanas

(adr/adr)