Jangan Dibuang! 6 Kulit Buah dan Sayur ini Punya Banyak Manfaat

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 14 Agu 2018 14:27 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jangan buang kulit dari buah dan sayur ini. Karena kulitnya aman dikonsumsi dan kaya akan manfaat sehat bagi tubuh.

Tak hanya daging buah yang punya segudang manfaat, kulitnya juga mengandung nutrisi. Karenanya, daripada mengupas kulit dan membuangnya, sebaiknya konsumsi juga kulit buah nanas hingga bawang putih.

Ini 6 kulit buah dan sayur yang bisa lawan kanker hingga cegah penuaan dini seperti dilansir Mirror UK (13/8).

1. Jeruk
Jangan Dibuang! 6 Kulit Buah dan Sayur ini Punya Banyak ManfaatFoto: Istimewa
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistery, Amerika Serikat kulit jeruk punya kandungan antioksidan yang disebut super flavonoid. Antioksidan tersebut bisa bantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tanpa menurunkan kadar HDL alias lemak baik dalam tubuh. Selain itu, bisa menangkal radikal bebas yang bisa sebabkan beragam penyakit.

Tak heran kalau para ahli sangat menganjurkan orang untuk mengonsumsi kulit jeruk. Manfaat yang didapat tubuh jika mengonsumsi buah jeruk plus kulitnya lebih besar daripada konsumsi jus jeruk biasa. Manfaatnya 20 kali lebih banyak.

2. Bawang Putih

Kulit bawang putih ternyata punya banyak kandungan antioksidan. Sehingga jika mengupas kulitnya, Anda akan kehilangan sumber antioksidan yang ada pada kulit bawang putih.

"Mengupas bawang putih menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang ditemukan dalam membran beludru yang bantu melawan penuaan kulit dan melindungi jantung," jelas Anita, salah satu peneliti dari Wakunaga Pharmaceutical di Jepang.

3. Pisang
Jangan Dibuang! 6 Kulit Buah dan Sayur ini Punya Banyak ManfaatFoto: Cooking with Alia/iStock
Kulit pisang punya segudang manfaat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Chung Shan Medical University, Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit pisang dapat redakan depresi dan bisa seimbangkan hormon yang mengatur suasana hati.

Konsumsi kulit pisang sangat baik bagi mata. Kandungan luteinnya bisa melindungi retina mata. Sedangkan antioksidan yang masuk dalam kategori karotenoid bisa melindungi sel-sel mata dari paparan sinar ultraviolet yang bisa sebabkan katarak.

Karenanya peneliti menyarankan untuk merebus kulit pisang selama 10 menit dan meminun air rebusan tersebut. Atau masukan langsung potongan kulit pisang ke dalam juicer bersama dengan daging pisang.

Baca juga: Bolehkan Buah Dimakan Bersamaan dengan Makanan Lain?


4. Kiwi

Kulit buah kiwi yang berbulu ternyata aman dikonsumsi. Kulit buah ini ternyata punya kandungan senyawa felonik seperti flavonoid. Ini merupakan senyawa yang bisa cegah kanker, peradangan, dan bersifat anti-alergan.

"Kulit (kiwi) mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dibanding buliran jeruk dan ini ampuh lawan serangga seperti staphylococcus dan E. coli yang jadi penyebab keracunan pada makanan," jelas Anita.

Anda bisa memakan kulit buah kiwi berwarna keemasan dengan bulu yang lebih halus maupun sedikit bulu. Keduanya mengandung manfaat yang sama. Atau Anda bisa menghaluskan buah kiwi utuh untuk dijadikan jus segar. Hanya saja jangan membuang bulu kulit yang ada pada kulitnya, ya.

5. Nanas
Jangan Dibuang! 6 Kulit Buah dan Sayur ini Punya Banyak ManfaatFoto: iStock
Nanas mengandung vitamin C dan serat. Kulit buah nanas mengandung enzim bromelain. Enzim tersebut bisa memecah protein dengan cepat. Sehingga sangat baik dikonsumsi jika Anda terkena gangguan pencernaan. Ini karena makanan dapat dengan mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Selain itu, konsumsi kulit nanas juga bisa cegah perut kembung.

Bromelain sendiri punya sifat anti-inflamasi sehingga baik dikonsumsi saat terkena demam, radang sendi, dan asan urat.

6. Semangka

Jangan lagi buang kulit semangka. Karena kulit buah bertekstur keras ini ternyata punya manfaat yang baik bagi tubuh. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kulit semangka mengandung asam amino citrulline lebih banyak dibanding daging buah semangka.

Asam amino citrulline bisa berubah menjadi asam amino arguninese yang berfungsi sebagai prekursor nitrit oksida. Senyawa inilah yang bantu melebarkan pembuluh darah. Sama seperti cara kerja Viagra dan obat disfungsi ereksi lainnya.

Beberapa negara di Asia juga sudah menjadikan kulit semangka sebagai bahan tumisan. Seperti di Tiongkok dan Thailand. Kedua negara itu biasa menumis kulit semangka dengan bahan lain seperti daging babi asin, jahe, dan kecap asin.

Sedangkan Amerika, Rusia, dan Jepang membuat acar kulit semangka. Bahkan di Irak, kulit semangka diolah menjadi selai kental.

Baca juga: Ini 10 Infused Water Buah dan Sayur yang Kaya Manfaat

(sob/odi)