Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya Manfaat

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 10 Mar 2019 08:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak kulit buah dan sayuran yang dibuang, karena dianggap tidak dapat dimakan. Padahal ada beberapa kulit yang justru mengandung banyak vitamin dan nutrisi sehat.

Selain menyehatkan, beberapa bagian buah dan sayuran seperti kulit atau cangkang ini masih bisa dikonsumsi. Tak hanya kaya vitamin dan nutrisi, beberapa jenis kulit makanan bahkan dapat membantu meningkatkan sistem kesehatan hingga membangkitkan gairah.

Berikut deretan kulit buah dan sayur yang punya banyak manfaat Reader's Digest (09/03).

Baca Juga: 6 Buah Ini Sebaiknya Dimakan Berikut Kulitnya Karena Bernutrisi Tinggi


1. Semangka

Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya ManfaatFoto: Istimewa
Bagian kulit semangka yang berwarna putih ternyata memiliki banyak nutrisi. Bagian ini kaya akan vitamin C, dan B6 yang bagus untuk kulit, hingga sistem imun. Selain itu, mengonsumsi kulit semangka ternyata dapat membangkitkan gairah seksual.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian dari Texas A&M University di tahun 2008 lalu. Mereka menemukan bahwa kulit semangka, memiliki kandungan citrulline yang tinggi. Citrulline kemudian dirubah menjadi asam amino, yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengendurkan pembuluh darah.


2. Pisang

Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya ManfaatFoto: Istimewa
Setidaknya ada lebih dari 40 juta ton kulit pisang yang dibuang begitu saja setiap tahunnya. Menurut sebuah penelitian di tahun 2013, kulit pisang dapat membantu menyembuhkan luka, dengan cara menggosokannya ke luka lecet atau luka ringan karena mengandung potassium.

Sementara itu mengonsumsi kulit pisang bisa membantu tubuh agar tetap fit, karena kulit pisang kaya akan antioksidan yang sehat. Salah satunya seperti carotenoids dan polyphenols, yang berguna untuk mencegah diabetes, hingga kanker.


3. Kentang

Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya ManfaatFoto: Istimewa
Tak hanya buah, kulit kentang juga sehat dikonsumsi. Kulit kentang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Kemudian nutrisi lainnya dapat mencerahkan kulit.

Cara penggunaannya juga terbilang mudah, cukup kupas kentang, lalu taruh di atas mata selama 10 menit. Kandungannya akan meresap ke bagian kulit, terutama jika dilakukan rutin dan sebanyak dua kali seminggu.


4. Bawang

Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya ManfaatFoto: Istimewa
Cangkang bawang dikemas dengan nutrisi yang kaya, seperti quercetin. Kandungan ini mirip seperti pigmen, yang dapat mencegah penyumbatan pembulu darah, menurunkan gula darah, hingga mengurangi peradangan.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2011, setidaknya ada setengah juta ton cangkang bawang yang dibuang begitu saja. Meski cangkang ini memang tidak bisa dimakan langsung, tapi cangkang bawang bisa ditambahkan ke dalam masakan berkuah, seperti kaldu atau sop agar nutrisinya terserap.


5. Jeruk

Jangan Langsung Dibuang! Kulit Buah dan Sayur Ini Kaya ManfaatFoto: Istimewa
Salah satu buah yang paling populer dan mudah ditemui ini, ternyata punyat kulit buah yang bermanfaat untuk mengusir semut. Kandungan yang ada di dalam kulit jeruk, mengandung limonene. Zat ini secara alami dapat mengusir semut.

Bahkan kulit jeruk juga bisa di bawa ketika Anda sedang berpergian ke taman, atau ke hutan. Karena fungsinya yang dapat menjauhkan semut, sehingga tidak akan ada semut di sekitar Anda.

Baca Juga: Rutinlah Makan Buah Naga Untuk Kulit Kencang dan Mulus (sob/odi)