Meski Sehat, Kombucha Ternyata Bisa Merusak Enamel Gigi

- detikFood Jumat, 26 Apr 2019 12:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Teh dengan campuran ragi dan bakteri ini sangat baik untuk kesehatan. Namun para dokter menyebut minuman ini berefek negatif terhadap kesehatan gigi. Kenapa?

Kombucha berwarna cokelat bening seperti teh biasa. Namun, minuman ini diletakkan di botol kaca besar berpenutup kain. Di permukaan tehnya terdapat lempengan kenyal berwarna putih. Ini merupakan kultur kombucha yang terdiri dari bakteri dan ragi.

Kultur tersebut memfermentasi teh hitam, sehingga kombucha memiliki gelembung-gelembung seperti soda. Selain teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh oolong juga bisa digunakan. Penggunaan teh tersebut juga menentukan kekuatan rasanya.

Baca juga: Konsumsi Kombucha Dapat Turunkan Berat Badan dan Atasi Gejala PMS

Kombucha memiliki berbagai khasiat kesehatan seperti membuang racun pada tubuh, sehatkan pencernaan, menguatkan sistem kekebalan tubuh hingga memperlambat proses penuaan.

Meski Sehat, Kombucha Ternyata Bisa Merusak Enamel GigiFoto: iStock

Meskipun kaya akan manfaat. Kombucha justru disebut dapat merusak gigi jika dikonsumsi terlalu sering. Dr. Larry Molenda mengatakan teh ini adalah favorit banyak orang. Ia menghubungkan bahwa kombucha bisa mempengaruhi enamel gigi karena kandungan keasamannya.

Lebih lanjut, Dr. Molenda menjelaskan bahwa kombucha harus memiliki tingkat pH di bawah 3,5 untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya ketika minum teh yang difermentasi.

Sebagai perbandingan, ia menunjukkan bahwa pH rata-rata air adalah 7 (netral). Sedangkan teh ada 6 (sedikit asam) dan cuka 2 (sangat asam).

Meski Sehat, Kombucha Ternyata Bisa Merusak Enamel GigiFoto: iStock

Sejalan dengan Dr. Molenda, banyak juga dokter gigi yang mengatakan kalau kandungan asam dalam kombucha ini sama saja dengan soda. Dapat mengikis pelindung terluar dari gigi.

Jika tetap ingin mengonsumsi kombucha. Sebaiknya netralkan kadar asam di mulut Anda. "Minumlah dengan makanan yang lebih rendah keasamannya atau minum air setelah mengonsumsi kombucha," ujar Molenda.

Dikutip dalam Delish, Molenda juga menyarankan untuk mengonsumsi kombucha dengan cepat sehingga area mulut dapat menetralkan kembali keasamannya.

Baca juga: Olah Kombucha yang Kaya Probiotik Menjadi Sup dan Salad (lus/odi)