Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 18 Apr 2019 17:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Rasa sedih dan kecewa bisa memicu stres yang bisa berisiko terhadap penyakit. Atasi stres dengan mengelola pikiran dan konsumsi beberapa makanan enak ini.

Menurut Journal of Nutrition & Food Sciences, ternyata stres dapat meningkatkan kebutuhan akan zat gizi tertentu seperti vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium.

Ada juga beberapa penelitian lain yang mengatakan bahwa makanan tertentu dapat mempengaruhi sirkuit saraf tubuh yang dapat mengendalikan emosi, motivasi hingga suasana hati.

Sehingga jika kita sedang merasa stres cobalah konsumsi beberapa makanan ini. Mereka secara ilmiah terbukti dapat membantu mengurangi rasa letih. Dikutip dalam Everyday Health, berikut ini beberapa makanan yang disarankan untuk cegah stres.

Baca Juga: Bekerja Terlalu Sering Bikin Orang Lebih Sering Makan dan Cepat Gemuk

1. Teh herbal

"Minum secangkir teh hangat adalah salah satu cara supaya Anda merasa lebih tenang," kata Sandra Meyerowitz, MPH, RD, seorang pelatih nutrisi online dan pemilik Nutrition Works di Louisville, Kentucky.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa dengan memegang dan konsumsi minuman hangat dapat meningkatkan perasaan nyaman dan membuat Anda lebih tenang. Ada efek menenangkan dari menghirup minuman hangat, bisa dari herbal tertentu seperti lavender dan chamomile, yang telah terbukti memiliki efek relaksasi sendiri menurut Meyerowitz.

Mayo Clinic menyebut kalau secangkir teh hijau yang diseduh mengandung kafein lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Maka, teh hijau juga bisa menjadi pilihan lebih baik dibandingkan dengan kopi jika Anda ingin bersantai.

Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: iStock

2. Dark chocolate

Coklat hitam dapat mengurangi stres dengan dua cara yaitu melalui dampak kandungannya dan dampak emosionalnya. Cokelat saat dimakan tentu merasa seperti ada kepuasaan sendiri dan perasaan itu ternyata dapat membantu mengurangi stres, kata Meyerowitz.

Anda juga harus memilih coklat yang berkualitas. Maka harus memastikan memilih coklat yang memiliki komponen murni tanpa bahan tambahan atau bahan kimia tersembunyi. Anda bisa lihat pada komposisi, umumnya hanya ada biji kakao, gula atau cocoa butter.

3. Gandum Utuh

Menurut penelitian, karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati untuk mengurangi stres. Setelah kadar serotonin meningkat, orang-orang yang mengalami stres memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik.

Pastikan untuk memilih karbohidrat yang sehat seperti ubi dan biji-bijian. Batasi karbohidrat sederhana seperti kue, pasta dan roti putih. Karbohidrat yang tidak dimurnikan dapat menyebabkan berpengaruh negatif bagi gula darah. Menurut Harvard School of Public Health, sementara itu karbohidrat kompleks mengandung vitamin dan mineral serta serat sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: Istimewa

4. Alpukat

Alpukat tidak hanya dapat dihaluskan menjadi guacamole atau diiris dan ditambahkan ke salad, tetapi alpukat juga menawarkan asam lemak omega-3. Mneurut National Center for Complementary and Integrative Health, asam lemak esensial yang sehat ini dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi serta meningkatkan suasana hati.

Buah ini juga mengandung phytochemical, serat dan nutrisi penting. Alpukat juga sering dikaitkan dengan kualitas diet dan asupan nutrisi yang lebih baik serta risiko lebih rendah sindrom metabolik mencakup tekanan darah tinggi dan obesitas.

5. Ikan

Ikan berlemak adalah pilihan yang bagus karena ikan dapat membuat jantung sehat. Omega-3 mereka dapat membantu mengurangi depresi karena nutrisinya mudah berinteraksi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati. Ikan berlemak itu contohnya seperti tuna, salmon, herring, dan sarden.

Apabila Anda tidak suka dengan ikan maka ada pilihan lain, seperti rumput laut, biji chia, kenari, dan makanan yang diperkaya zat gizi, seperti telur, susu, susu kedelai, dan susu kacang hijau. Anda juga dapat mencoba suplemen omega-3 dalam bentuk minyak ikan, yang dapat ditemukan di toko obat.

Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: Istock

6. Susu hangat

Menurut SleepAdvisor.org, susu hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks. Makanan tinggi kalsium tidak hanya bagus untuk tulang tetapi juga dapat membantu mengurangi depresi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2012 dalam jurnal Nutrition Research and Practice.

Susu dan produk olahan susu mengandung kalsium dan tambahan vitamin D yang dapat membantu otot rileks dan menstabilkan suasana hati bahkan ternyata juga dapat meringankan gejala sindrom pra menstruasi.

Peredam stres utama di sini adalah kalsium. Ada makanan lain yang memiliki sumber kalsium seperti yogurt dan keju. Salmon kaleng, almond, biji bunga matahari, dan sayuran berdaun hijau, seperti kale, brokoli, lobak hingga bok choy, juga merupakan sumber kalsium.

7. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B dan asam lemak sehat. Meyerowitz mengatakan vitamin B adalah bagian penting dari diet sehat dan dapat membantu mengurangi stres. Almond, pistachio, dan walnut ternyata dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga tinggi magnesium, karena magnesium telah dikaitkan dapat membuat kecemasan menjadi lebih baik. Temuan yang diterbitkan April 2017 di jurnal Nutrients menyarankan bahwa magnesium bermanfaat bagi seseorang yang memiliki tingkat kecemasan ringan hingga sedang.


8. Buah tinggi vitamin C

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar vitamin C yang tinggi dapat membantu mengurangi tingkat stres. Studi yang diterbitkan pada November 2013 di Pakistan Journal of Biological Sciences, meneliti bahwa vitamin C dan vitamin E dapat membantu penurunan signifikan dalam tingkat kecemasan pada kelompok vitamin C dibandingkan dengan kelompok lain.

Makan buah-buahan seperti jeruk, grapefruits dan stroberi adalah jenis buah yang baik untuk dikonsumsi.

9. Makanan mengandung probiotik

Cara terbaik untuk mendukung hormon usus yang sehat adalah dengan bakteri baik yang disebut probiotik, kata Figueroa.

Menurut Harvard Health Publishing, probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari bakteri berbahaya, dan meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Sebuah artikel yang diterbitkan pada bulan Desember 2018 di University Health News mengutip beberapa penelitian yang menemukan bahwa kesehatan usus memiliki korelasi langsung dengan peningkatan kecemasan, depresi, dan suasana hati.

Salah satunya adalah bakteri usus dapat menghasilkan molekul dengan fungsi neuroaktif, termasuk serotonin dan gamma-aminobutyric acid (GABA), yang secara positif mempengaruhi suasana hati.

Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: iStock

10. Makanan tinggi serat

Seperti yang disebutkan Figueroa, makanan tinggi serat dapat berperan dalam menurunkan stres. Untuk menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda, Figueroa merekomendasikan untuk mengonsumsi kacang tanah, kacang hijau, almond, pistachio, biji rami, biji wijen, dan banyak sayuran hijau, seperti kale dan brokoli.

"Makanan tinggi serat dapat menyeimbangkan gula darah dan lonjakkan kadar insulin," jelas Figuera.

Menurut Mayo Clinic, tabrakan gula darah dapat menyebabkan kelelahan, kegelisahan, gemetar, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi.

Menurut University of California di San Francisco makanlah makanan yang penuh dengan makanan kaya serat untuk hindari lonjakan gula darah dan hindari makanan yang mengandung karbohidrat kosong, seperti keripik dan permen.

Baca Juga: Diet Keto dan Paleo Bisa Tingkatkan Risiko Gangguan Irama Jantung https://food.detik.com/info-sehat/d-4465659/diet-keto-dan-paleo-bisa-tingkatkan-risiko-gangguan-irama-jantung (lus/lus)