Bekerja Terlalu Serius Bikin Orang Lebih Sering Makan dan Cepat Gemuk

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Mar 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menurut para dokter, bekerja terlalu serius dapat membuat tbobot ubuh menjadi lebih cepat naik dan menjadi gemuk. Ternyata ada alasannya sendiri.

Banyak orang yang merasa tertekan dan stres di lingkungan kerja, yang berakibat buruk terhadap kesehatan. Para dokter menyimpulkan bahwa penyebab dari kenaikan berat badan, bisa jadi karena orang-orang bekerja terlalu serius setiap harinya.

Baca Juga: Makan Bersama di Kantor, Pria Ini Bawa Ayam Mentah hingga Penggorengan
Bekerja Terlalu Serius Bikin Orang Lebih Sering Makan dan Cepat GemukFoto: Istimewa
Dikabarkan World of Buzz (26/03), banyak orang yang mengaku bisa bekerja dalam tekanan ketika wawancara kerja. Sekaligus mengaku bisa melakukan banyak tugas, demi bisa mendapatkan pekerjaan. Tapi ternyata hal itu lah yang membuat banyak orang merasa stres dan tertekan.

Ketika tubuh mulai merasakan stres dan terlalu banyak tekanan, seseorang akan mulai mengalami insomnia atau sulit tidur, hingga jatuh sakit. Tapi banyak juga yang melepaskan stres mereka ke makanan.

Mengapa bekerja terlalu serius bisa membuat tubuh lebih gemuk? Karena ketika bekerja terlalu serius, banyak orang merasa tertekan hingga menjadi stres. Makanan dinilai sebagai pelampiasan yang enak dan menenangkan.
Bekerja Terlalu Serius Bikin Orang Lebih Sering Makan dan Cepat GemukFoto: Istimewa
Banyak pekerja kantoran yang sering menghabiskan makanan dan camilan di mejanya. Selain tidak sehat, kebiasaan ini juga membuat berat tubuh cepat naik. Penemuan dari para dokter dan ilmuwan mengatakan bahwa stres karena pekerjaan, membuat orang lebih gemuk.

"Stres kronis bisa menganggu waktu tidur, dan tekanan darah. Sehingga membuat orang merasa lebih lapar, dan sering makan untuk menangkan diri," ungkap Dokter Michael Mosley dalam jurnal kesehatan untuk BBC.

Mosley menambahkan jika situasi ini terlus berlanjut, dapat membuat tubuh semakin gemuk hingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe-2. Dari beberapa penelitian yang mereka lakukan, saat stres tubuh mulai mempersiapkan diri dengan melepaskan glukosa ke darah. Sehingga menyalurkan energi ke otot.
Bekerja Terlalu Serius Bikin Orang Lebih Sering Makan dan Cepat GemukFoto: Istimewa
Tapi karena tubuh tidak bergerak, hal ini memaksa pankreas untuk memompa insulin sehingga kadar gula kembali turun. Tingkat insulin dan gula darah yang naik turun ini lah, yang membuat tubuh merasa lapar, ditambah jika tubuh kurang tidur.

Sehingga orang cendrung menyantap makanan dalam porsi berlebih, hingga ngemil saat bekerja. Para dokter menyarankan untuk membatasi makan, hingga ngemil di kantor ketika sedang merasa stres karena pekerjaan.

Baca Juga: 5 Trik Praktis Siapkan Bekal Kantor yang Sederhana dan Sehat (sob/odi)