Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 16 Apr 2019 11:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pengidap penyakit jantung harus hindari makanan ini. Meskipun enak namun kalau dikonsumsi berlebih akan sebabkan serangan jantung.

Konsumsi makanan sehat dapat meminimalisasi atau menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Anda harus tahu makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Apalagi jika Anda pernah alami serangan jantung.

Para ahli gizi menyarankan pasien jantung mengonsumsi makanan sehat untuk meringankan kerja jantung. Pasien jantung biasanya perlu menjalani diet khusus agar makanan yang dikonsumsi tidak memberatkan kerja jantung.

Bagi penderita penyakit jantung, tentu harus melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang dirancang untuk membantu memperkuat jantung.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, 735.000 orang Amerika mengalami serangan jantung setiap tahun. Dan dari jumlah tersebut, lebih dari 525.000 adalah serangan jantung pertama.

Dokter dan ahli diet sepakat bahwa cara terbaik untuk mencegah serangan jantung kedua adalah dengan mengubah pola makan, olahraga, dan kebiasaan hidup sehat.

Berikut makanan yang harus dihindari bagi Anda yang berisiko terkena serangan jantung, yang dikutip dalam The Daily Meal (17/03/2019).

Baca Juga: Inilah Jenis Minyak Goreng yang Menyehatkan Jantung

1. Popcorn mentega

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Istimewa/Facebook

Popcorn sebenarnya memiliki manfaat kesehatan lebih banyak dibandingkan dengan makanan ringan lainnya. Hal ini dikarenakan popcorn menyediakan serat dan antioksidan.

Namun, sebagian besar popcorn yang dibuat di microwave dicampur mentega dan banyak garam. Ini tentunya dapat menambah asupan lemak dan natrium.

2. Keju

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

Lori Williams mengatakan bahwa pasien yang baru-baru ini menderita serangan jantung harus menganggap keju sebagai makanan yang dapat dinikmati hanya dalam porsi sewajarnya, tidak terlalu banyak.

"Makanan tinggi lemak seperti keju, harus dimakan sewajarnya," kata Williams.

Keju dinilai tak selalu menyehatkan. Kandungan lemak dalam keju dianggap dapat memicu serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

3. Cabai

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Getty Images

Menurut ahli jantung di Dallas, Dr. John A Osborne,"Cabai pedas dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah karena capsaicin yang terkandung didalamnya. Maka akan mengakibatkan penurunan tekanan darah," kata Dr. Osborne. "Cabai juga sangat tinggi dalam beta-karoten."

4. Minyak kelapa

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Istock

Minyak kelapa sangat populer karena dapat dijadikan produk perawatan rambut hingga pelembab kulit. Tetapi ternyata minyak kelapa dapat berpengaruh buruk bagi jantung Anda.

Menurut Harvard Medical School, minyak kelapa adalah 90 persen lemak jenuh yang tidak baik bagi jantung.

5. Krim saus

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

Krim saus secara tradisional biasanya dibuat dengan mentega atau minyak, tepung, susu atau krim, yang semua makanan tersebut berada di daftar lemak paling tinggi dalam National Institute of Health.

Mentega, minyak dan susu mengandung lebih banyak lemak jenuh, dan tepung putih dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang semakin membuat jantung stres.

6. Mie telur

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

Mie telur memang terlihat seperti makanan alternatif yang menyehatkan jantung dibandingkan pasta yang bertepung. Tetapi masalahnya adalah apabila Anda mengonsumsinya dengan menambahkan kandungan kolesterol tanpa manfaat tambahan seperti protein dan vitamin B.

7. Gorengan

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

Biasanya ada gorengan yang diberi label "sehat" hanya karena digoreng dengan minyak yang lebih sehat, seperti zaitun atau canola.

Kata Lori Williams, dalam menggoreng minyak sehat akan merusak penurunan berat badan dan kesehatan jantung. "Minyak terdiri dari lemak, yang memiliki kalori dua kali lebih banyak dari makanan yang sebagian besar terdiri dari protein atau karbohidrat," kata Williams.

8. Kale dan Bayam

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

Biasanya sayuran berdaun hijau disebut sebagai manfaat kesehatan yang baik, tetapi kale dan bayam dapat menyebabkan efek samping berbahaya ketika mereka berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

"Sayangnya, jika seseorang menggunakan warfarin, obat pengencer darah, setelah serangan jantung, maka beberapa sayuran berdaun hijau, terutama kale dan bayam, dapat mengganggu efek anti-pembekuan warfarin," kata Dr. Osborne.

9. Daging

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Istimewa

Daging sangat tinggi sodium, dan bahkan bisa melemahkan jantung. Memurut penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, sodium nitrat sering digunakan sebagai pengawet dalam daging yang populer, dan pengawet itu bisa membuat arteri Anda mengeras.

10. Non Dairy Krimer

Cegah Serangan Jantung Berulang dengan Hindari Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

Non Dairy Krimer adalah produk pengganti susu atau krim yang merupakan produk emulsi lemak dalam air. Krimer dibuat dari minyak nabati yang dihidrogenasi dengan penambahan bahan tambahan pangan.

Seperti pada label non dairy krimer "rendah lemak", biasanya ada satu gram penuh lemak jenuh di setiap sendok teh, apalagi jika Anda minum kopi setiap hari, Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh.

Baca Juga: Ini 5 Superfood Paling Populer Untuk Jaga Kesehatan Jantung (lus/lus)