Biar Tak Gendut, Ahli Gizi Beri Saran Porsi Minum Bubble Tea

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 12 Apr 2019 11:50 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Di Asia anak muda sedang gemar konsumsi bubble tea. Tapi, konsumsi minuman manis ini ternyata bisa bikin gemuk. Ahli gizi beri saran.

Bubble tea jadi minuman favorit akhir-akhir ini. Racikan teh dengan paduan boba yang kenyal ini banyak dijual dengan ragam rasa yang unik. Mudah didapat karena banyak yang menjual, membuat anak-anak muda sering mengonsumsi minuman ini. Rasanya manis, bisa membuat berat badan dan lingkar pinggang bertambah.

Dikutip dalam World off Buzz (11/04), ahli gizi memberikan beberapa tips dan trik untuk melepaskan diri dari kecanduan minum bubble tea. Selain itu, ia juga berbagi waktu terbaik untuk menikmati bubble tea sehingga tak menambah bobot tubuh secara drastis.

Biar Tak Gendut, Ahli Gizi Beri Saran Porsi Minum Bubble TeaFoto: iStock

Donna Chen, seorang ahli diet diet terkenal mengunggah video di halaman media sosial belum lama ini. Ia memberikan beberapa saran untuk orang-orang yang menyukai minum bubble tea.

Baca juga: Tak Usah Takut Gendut! Kini Ada Jasa Peminum Bubble Tea Bayaran

Chen mengungkapkan kalau minuman bubble tea ini dinilai "tidak sehat". Chen memberikan beberapa saran seperti:

1. Secara bertahap mengurangi ukuran minuman dari besar ke kecil.
2. Secara bertahap mengurangi kadar gula dari penuh menjadi lebih sedikit.
3. Mengubah kebiasaan minum bubble tea setiap hari menjadi hanya beberapa hari saja yang akhirnya nanti menghentikannya.
4. Memilih rasa yang tidak banyak membutuhkan gula dalam bahan-bahannya.
5. Pilih jeli atau jeli herbal yang lebih sehat dibandingkan dengan boba.

Biar Tak Gendut, Ahli Gizi Beri Saran Porsi Minum Bubble TeaFoto: iStock

Donna Chen mengatakan waktu terbaik untuk minum bubble tea adalah 30 menit setelah Anda selesai berolahraga. Sederhananya, Donna mengatakan setelah berolahraga karena satu transporter glukosa tubuh yang dikenal sebagai GLUT4 sangat aktif dan selama waktu ini, tubuh dapat memetabolisme gula lebih cepat.

Meskipun ini bukan berarti tidak akan menambah berat badan dari bubble tea. Setidaknya Anda bisa mengurangi kebiasaan konsumsi minuman manis dalam frekuensi yang sering.

Selain itu, ahli gizi ini juga memperingatkan bahwa jika Anda minum bubble tea lebih dari 30 menit setelah olahraga, gula tidak akan habis tetapi akan berubah menjadi lemak.

Baca juga: Berasal dari Taiwan, Racikan Teh dengan Bubble Tea Ini Tak Pernah Membosankan (lus/odi)