Rutin Sarapan Bersama Orang Tua Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 07:34 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menurut penelitian terbaru, remaja yang rutin sarapan dengan orang tua mereka. Memiliki rasa percaya diri lebih tinggi terhadap tubuh mereka secara keseluruhan.

Sarapan dikenal sebagai salah satu makanan yang paling penting sepanjang hari. Ternyata manfaat sarapan ini, tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja. Tapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Baca Juga: Buat Si Kecil Semangat dengan 5 Menu Sarapan Enak Ini
Rutin Sarapan Bersama Orang Tua Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri AnakFoto: iStock
Menurut studi terbaru dari University of Missouri (MU), mereka menemukan bahwa remaja yang rutin menikmati sarapan dengan orang tua mereka. Memiliki kemungkinan yang lebih kecil, dari paparan pengaruh efek samping sosial media, dan budaya populer. Hal ini karena mereka memiliki hubungan yang sehat dengan makanan, sejak masih kecil.

Dikabarkan Now to Love (09/05), penelitian ini diterbitkan lewat Social Work di Public Health. Salah satu peneliti, Virginia Ramseyer Winter mengatakan bahwa sarapan memiliki dampak yang panjang pada masa anak-anak seseorang.

"Kita tau bahwa meningkatkan perilaku yang sehat pada remaja, dengan cara sarapan bersama setiap paginya, bisa memiliki efek yang panjang ke masa kecil mereka," tutur Virginia.
Rutin Sarapan Bersama Orang Tua Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri AnakFoto: iStock
"Anak-anak dan remaja berada di bawah banyak tekanan dari media sosial, dan budaya populer dalam hal penampilan fisik. Sehingga ketika mereka memiliki hubungan yang baik dengan makanan, lewat menikmati sarapan dengan keluarga. Mungkin bisa memiliki dampak yang signifikan bagi perilaku mereka," lanjutnya.

Penelitian ini menganalisa data dari lebih 12.000 pelajar, dari 300 sekolah yang berbeda di Amerika. Dari data itu mereka mengumpulkan, pola makan, termasuk seberapa sering mereka sarapan dan makan bersama orang tua.

Hasilnya para peneliti menemukan, bahwa pelajar yang rutin sarapan lebih percaya diri dengan bentuk tubuh mereka. Sementara pelajar yang sarapan dengan orang tua, memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi, dan positif tentang tubuh mereka.
Rutin Sarapan Bersama Orang Tua Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri AnakFoto: iStock
"Kami menyadari bahwa kebiasaan sehat dari orang tua, bisa memiliki efek yang panjang untuk anak-anak. Lewat penelitian ini membuktikan, bahwa interaksi yang positif dengan makanan seperti sarapan bersama keluarga, bisa berhubungan dengan gambaran tubuh," pungkas Virginia.

Baca Juga: Sarapan 90 Menit Lebih Lambat Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan (sob/odi)