Agar Cepat Pulih dari Flu, Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Enak Ini

Shara Azzhara - detikFood Sabtu, 06 Apr 2019 05:42 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Perubahan cuaca tak menentu kerap memicu flu yang ganggu aktivitas harian. Untuk mengatasinya coba cara alami melalui konsumsi 5 makanan ini.

Flu merupakan penyakit yang kerap menyerang tubuh saat sistem imun lemah. Selain mengonsumsi obat, suplemen dan vitamin, beberapa cara dapat dilakukan untuk meredakan flu. Termasuk mengonsumsi 5 jenis makanan yang direkomendasikan Tasting Table (4/10) berikut.

Baca juga: Terserang Flu dan Batuk? Atasi dengan Satu Sendok Teh Madu

Agar Cepat Pulih dari Flu, Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: iStock

1. Teh hangat
Minum teh hangat dapat membantu menghangatkan tubuh. Dengan mengonsumsi minuman hangat dapat membuat tubuh terhidrasi yang dibutuhkan untuk pemulihan. Buatlah teh dengan campuran rempah seperti jahe dan serai untuk menambah khasiatnya.

2. Sup kaldu
Sup kaldu ayam atau sup kaldu tulang memang sangat nikmat, terlebih jika dimakan saat cuaca dingin. Kelezatan sup kaldu dapat membantu tuubuh untuk meningkatkan sistem imun serta menguatkan tulang. Sup kaldu juga bisa membuat Anda terhindar dari nyeri sendi saat flu dan membaantu menyembuhkannya.

Baca juga: Agar Tak Mudah Kena Flu, Konsumsi Makanan Berwarna-warni

Agar Cepat Pulih dari Flu, Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: Istock

3.. Bawang putih mentah
Aroma tajam bawang putih memang kurang disukai. Namun bawang putih mengandung vitamin C dan mineral yang mampu memperbaiki sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat antibakteri, antivirus, anti oksidan, dan akan melegakan pernafasan. Kunyahlah satu siung bawang putih setiap 4 jam sekali saat sedang flu untuk menyembuhkannya.

4. Jahe
Rempah dengan rasa pedas ini memberikan sensasi yang hangat. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe dapat menghangatkan tubuh dan melegakan pernafasan. Anda dapat membuat sendiri teh dengan campuran jahe dan madu untuk meredakan flu.

Agar Cepat Pulih dari Flu, Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Enak IniFoto: iStock

5. Crackers
Ketika sakit, nafsu makan mungkin menurun dan mengakibatkan tubuh semakin lemah. Hal ini dapat diantisipasi dengan mengkonsumsi camilan yang mengenyangkan. Crackers atau biskuit tawar dapat menjadi pilihan, kudapan ini merupakan biskuit dengan tekstur yang lebih kering dan renyah. Kudapan seperti ini dapat menggantikan jumlah asupan makanan yang berkurang saat Anda sakit.

Baca juga: Sedang Hits, Biskuit GG Crackers yang Tinggi Serat dan Rendah Kalori


Tonton juga video Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)