Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 03 Apr 2019 05:34 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Teh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Ada teh hijau dan ada ekstrak teh hijau, sebenarnya mana yang lebih sehat?

Teh biasanya diminum saat pagi hari menjelang aktivitas untuk menambah stamina atau energi bagi seseorang. Bahkan Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Tak heran jika minuman teh menjadi minuman wajib yang selalu ada dalam rumah atau restoran. Ada banyak sekali jenis-jenis teh, salah satunya adalah teh hijau.

Tentu kita ketahui, format makanan kita terus mengarah ke pilihan yang lebih sehat, maka banyak teh biasa kini telah diganti dengan teh hijau. Minuman herbal ini juga dikenal untuk mencerna makanan secara alami dan membantu menurunkan berat badan. Seiring dengan manfaat kesehatan lainnya, teh hijau secara bertahap menjadi salah satu minuman detoksifikasi harian yang paling disukai.

Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?Foto: shutterstock

Teh hijau dibuat dari tanaman camellia sinensis. Prosesnya adalah dengan melayukan, mengukus, menyangrai daun tanaman dan kemudian mengeringkannya. Teh hijau adalah antioksidan kuat yang menangkal semua jenis mikroorganisme penangkal penyakit.

Baca Juga: 12 Manfaat Rajin Minum Teh untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, teh hijau juga dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membangun pertahanan yang kuat terhadap masalah kronis. Seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Mengingat banyak manfaat kesehatan yang diberikan teh hijau, teh ini merupakan pengganti organik yang ideal untuk mengatasi kurangnya energi dan mendapatkan dosis kafein yang sangat dibutuhkan setiap harinya.

Tapi, ada banyak pecinta teh yang masih terbiasa minum teh dengan krim susu dan manisnya gula. Sulit bagi mereka untuk mengembangkan rasa asli teh hijau ini yang agak pahit. Maka solusinya ada beberapa yang menggunakan ekstrak teh hijau, biasanya tersedia dalam bentuk kapsul untuk memberikan manfaat yang tak kalah sama dengan teh hijau, tanpa harus merasakan pahitnya teh tersebut.

Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?Foto: iStock

Ekstrak teh hijau adalah suplemen yang berasal dari tanaman teh hijau. Ini mengandung senyawa antioksidan, polifenol, vitamin dan flavonoid. Jika sebuah kapsul mengandung jumlah bahan aktif yang sama dengan secangkir teh hijau, mengapa Anda tidak beralih saja ke kapsul? Tapi, ada beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang ekstrak teh hijau.

Mengapa ekstrak teh hijau tak sebagus teh hijau asli?

Meskipun ekstrak teh hijau memberikan manfaat nutrisi yang sama seperti minum secangkir teh hijau, tapi Anda harus ingat bahwa suplemen akan selalu tetap menjadi suplemen. Bahkan ahli gizi lebih mendukung untuk makan makanan kaya protein daripada mengandalkan kapsul suplemen protein.

Ekstrak teh hijau seharusnya mengandung jumlah protein yang sama seperti yang terkandung dalam daun teh hijau. Tetapi ternyata proses ekstraksi hanya memberikan sedikit manfaat, tidak selengkap dari daun teh hijau.

Dan, selalu ada risiko pemalsuan dari setiap pabrik. Konsumen tidak akan pernah yakin apakah mereka mendapatkan produk dalam bentuk murni.

Apa pun yang tertelan dalam bentuk paling murni, itu sudah pasti yang lebih baik bagi tubuh. Secangkir teh hijau yang baru diseduh akan lebih baik daripada meminum pil suplemen.

Tetapi, jika Anda sudah mencoba minum teh hijau asli dan tidak suka dengan rasanya yang pahit, Anda bisa mencoba ekstraknya. Kapsul ini memberi Anda manfaat kesehatan yang hampir sama dengan minum teh hijau, tetapi Anda juga harus tetap berhati-hati. Sebaiknya tidak mengonsumsi kapsul dalam dosis tinggi, dan harus dikonsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk rekomendasi.

Baca Juga: Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil Maksimal (lus/lus)