Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit Oranye

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 25 Mar 2019 19:13 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Suka konsumsi kedelai, wortel hingga jamur shiitake? Bahan-bahan itu justru memiliki efek negatif pada tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tak hanya bahan pangan buatan yang mengandung banyak dampak negatif pada tubuh. Beberapa bahan alami ini juga berdampak tak baik bagi tubuh jika dimakan terlalu banyak ataupun dikonsumsi pada waktu tak tepat. Dikutip dari Times of India (15/3), berikut 7 bahan alami yang dimaksud.

1. Kedelai

Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit OranyeFoto: Istock

Banyak penelitian ilmiah yang menuturkan bahwa pria yang makan kedelai punya jumlah sperma lebih sedikit dibanding pria yang tidak melahapnya. Hal itu disebabkan oleh isoflavon, senyawa yang terkandung di dalam kedelai.

2. Jamur shiitake

Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit OranyeFoto: iStock

Bagi beberapa orang, konsumsi jamur shiitake justru dapat sebabkan ruam merah yang lumayan parah. Penyakit ini disebut dermatitis shiitake yang disebabkan oleh senyawa yang terkandung di dalam jamur tersebut. Senyawa itu disebut lentinan. Letinan akan rusak karena terkena panas.

Baca juga:Selain Jamur Shiitake, Ini 9 Jamur yang Enak dan Kaya Nutrisi

3. Saus pedas

Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit OranyeFoto: Istimewa

Penggemar saus cabai jangan pernah makan saus sebelum tidur. Sebab sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan saus pedas seperti Tabasco sebelum tidur justru alami gangguan tidur. Senyawa aktif yang disebut capsaicin dalam rempah-rempah inilah yang bisa mempengaruhi kualitas tidur karena meningkatkan suhu tubuh Anda selama tidur.

4. Mulberry

Mulberry mentah memiliki sifat halusinogen jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa terkena diare setelah melahap mulberry mentah. Sebab muberry mentah merupakan obat pencahar alami.

5. Permen karet bebas gula

Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit OranyeFoto: iStock

Permen karet bebas gula umumnya mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan inilah yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh usus Anda. Karenanya tubuh tidak bisa mengeluarkan semua bahan itu dari dalam tubuh.

6. Wortel

Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit OranyeFoto: iStock

Wortel mengandung karoten, pigmen yang memberi warna oranye pada wortel. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak wortel, zat itu akan mengubah warna kulit Anda. Bukan menjadi putih atau hitam melainkan menjadi oranye.

7. Bit

Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Bisa Sebabkan Ruam hingga Kulit OranyeFoto: iStock

Meski umbi berwarna ungu ini punya aroma seperti tanah, berdasarkan berbagai penelitian, jus bit justru bisa memperlebar pembuluh darah.

Nitrat yang terkandung dalam buah bit memperlebar pembuluh darah sehingga mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan saat otot Anda bekerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa konsumsi segelas jus bit setiap hari bisa turunkan tekanan darah.

Baca juga:Ini 6 Alasan Sehat Mengapa Anda Perlu Rutin Minum Jus Bit (dwa/odi)