Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker Darah

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 19:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penderita kanker darah perlu memperhatikan asupan makanan. Bukan cuma jenis tapi juga teknik memasaknya.

Diet sehat sangat penting bagi seseorang yang menjalani pengobatan kanker darah. Dengan diet yang tepat tentu akan membantu menunjang kesehatan dan mempercepat proses penyembuhan. Menurut Dee Sanquist, juru bicara dari American Dietetic Association di Fairfiels Iowa, pasien kanker darah seperti leukimia akan sering merasa mual dan kurang nafsu makan pasca pengobatan.

Dikutip dalam Everyday Health, berikut ini beberapa makanan yang bisa disarankan dari Dee Sanquist untuk dikonsumsi penderita kanker darah.

Baca juga: Jika Terlalu Sering Dikonsumsi 5 Makanan Ini Bisa Picu Kanker

1. Konsumsi banyak sayur dan buah

Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker DarahFoto: iStock

Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan phytochemical yang diketahui dapat memerangi sel kanker. Orang dengan penyakit kanker darah bisa konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak. Agar lebih sehat, bisa dibuat dengan campuran sereal, pancake, yogurt serta es krim. Apel atau pisang bisa jadi pilihan yang sehat.

2. Sayuran kukus

Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker DarahFoto: iStock

Dengan cara mengukus, nutrisi dan jus alami bahan makanan tetap terjaga. Selain kukus, juga bisa menumis sayuran seperti paprika, jamur, brokoli dan wortel. Jangan lupa tambahkan dengan kacang polong, kembang kol dan zucchini ke dalam salad. Hindari memasak dengan suhu tinggi seperti digoreng atau pun merebus dalam waktu lama.

3. Konsumsi protein

Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker DarahFoto: Istock

Protein sangat baik untuk membangun sel-sel tubuh. Efek samping dari kemoterapi dapat membuat mual dan muntah dan mengurangi nafsu makan beberapa orang. Sehingga sangat penting bagi penderita kanker darah untuk mengonsumsi protein terutama pasca kemoterapi.

Ikan segar, kacang-kacangan dan biji-bijian hingga telur menjadi salah satu makanan tinggi protein yang baik.

4. Minuman yang menangkan perut

Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker DarahFoto: iStock


Ketika efek samping kemoterapi seperti mual terjadi, Sanquist menyarankan minum wedang jahe dan menikmati minuman yang memberi rasa segar. Hindari makanan yang pedas dan mengandung kafein.


Baca juga: Hati-hati! Sering Makan Kol Goreng Bisa Picu Kanker Lho!

5. Makan sering dengan porsi kecil

Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kanker DarahFoto: Thinkstock

Orang yang menderita kanker darah biasanya kehilangan nafsu makan dan mual. Namun sangat penting untuk mempertahankan berat badan agar tubuh tetap kuat. Jika terasa mual atau perut tak enak, bisa mengonsumsi makanan dalam porsi kecil setiap dua hingga 4 jam sekali. (lus/odi)