Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 06 Feb 2019 11:25 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak hanya bisa dijadikan bahan untuk memasak, kacang hijau hingga air cucian beras juga bisa digunakan untuk sehatkan kulit wajah. Ini cara memakainya.

Wajah yang mulus dan awet muda jadi dambaan banyak wanita. Ragam perawatan kulit yang tergolong mahal pun rela dilakoni. Padahal banyak cara yang lebih praktis dan ekonomis untuk mendapat wajah cerah awet muda.

Berikut 6 di antaranya. Menurut Daily Mail UK (5/2), banyak warga China yang sudah membuktikan perawatan wajah alami ini.

1. Air cucian beras

Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock
Air cucian beras sering dijadikan air pembasuh wajah. Cara ini sering dilakukan oleh warga China, Jepang maupun Korea. Air cucian beras dipercaya bisa mencerahkan sekaligus mengencangkan kulit serta memiliki sifat anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan air cucian beras ini, tuangkan air dalam beras lalu aduk hingga menjadi putih keruh. Saring air ini dan gunakan untuk cuci muka secara rutin.

Baca juga: Agar Kulit Kencang dan Cerah Gunakan 4 Racikan Masker Alami Ini

2. Minum teh hijau

Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock
Teh hijau selalu jadi pilihan warga China usai santap aneka sajian lezat. Bukan tanpa alasan, konsumsi teh hijau tak hanya ampuh lunturkan lemak tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit.

Berdasarkan keterangan Yilin Wang selaku founder dari merek skincare W=Hb2, ada beberapa varian teh yang cocok untuk meredakan tiap masalah kulit. Tapi teh hijau tetap jadi pilihan favorit lantaran punya beragam manfaat. Teh ini bersifat anti inflamasi dan kaya akan antioksidan.

3. He Shou Wu

Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: Istimewa
He Shou Wu adalah bahan herbal penambah kesehatan yang dikemas dengan antioksidan. Air rabusan ataupun pil ekstrak bahan ini dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Disamping itu, He Shou Wu ampuh meremajakan kulit dan menebalkan rambut. Cairan herbal ini sudah digunakan dalam pengobatan tradisional China sejak 800 Masehi.

4. Masker kunyit

Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock
Menurut Byrdie, masker wajah berbahan dasar kunyit berasal dari China. Ahli kecantikan dan kepala perawatan kulit Wei Beauty, Wei Brian mengungkap bahwa masker kunyit digunakan wanita China untuk mengurangi keriput serta mencerahkan kulit wajah.

"Campurkan satu sendok makan susu almond, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh kunyit," jelasnya sebagai panduan pembuatan masker kunyit.

Lebih lanjut ia menuturkan jika Anda inginkan masker yang lebih kental, Anda bisa mengganti susu almond dengan yogurt. Namun ia sendiri lebih suka menggunakan susu almond lantaran mengandung vitamin E dan antioksidan.

5. Konsumsi bubur

Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: iStock/dok. detikFood
Dikutip dari Natural Health Mag, konsumsi bubur bisa menyembuhkan masalah kulit dari dalam tubuh. Bubur yang bernilai gizi tinggi bisa memberi efek positif bagi limpa dan paru-paru.

"Anda mungkin menyadari hubungan antara paru-paru dan kulit. Banyak penderita asma yang juga menderita eksim. Pengobatan China menegaskan bahwa paru-paru mengatur dan mengontrol kesehatan kulit," jelas Dr Nat Kringoudis.

Karena itu, berkonsentrasi untuk tetap mengonsumsi bahan yang menyehatkan paru-paru sangatlah baik bagi kesehatan kulit.

6. Kacang hijau

Air Cucian Beras hingga Kacang Hijau, 6 Cara Ekonomis yang Bisa Bikin Kulit Mulus Foto: Istimewa
Selain enak dijadikan hidangan penutup dan isian kue, kacang hijau juga dipercaya ampuh atasi jerawat. Caranya dengan membuat masker kacang hijau. Itu karena kacang hijau kaya akan antioksidan dan fitonutrien.

Cara membuat masker kacang hijau ini cukup mudah. Hanya perlu mencampur bubuk kacang hijau atau kacang hijau tumbuk hingga halus dengan susu cair. Kemudian olehkan ke wajah selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Saat ini, orang biasa mencampur bubuk kacang hijau dengan yogurt agar lebih kental dan mudah dioles ke wajah.

Baca juga: Ini 9 Makanan Terpercaya Sebagai Anti Penuaan Dini Terbaik (dwa/odi)