Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah Energi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 30 Jan 2019 06:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Agar sarapan lebih sehat, bisa tambahkan aneka buah segar. Ada beberapa padu padan buah yang memasok energi tubuh, sekaligus menyumbang vitamin di pagi hari.

Jika tidak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan sarapan, pilihan buah bisa jadi alternatif menu yang lebih sehat. Cukup sediakan beberapa jenis buah, lalu potong dan sajikan dalam satu piring.

Selain lebih praktis, semua kandungan dan nutrisi yang terkandung dalam buah dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi di pagi hari seperti yang dilansir dari Health Line (30/01).

Baca Juga: Buah Segar Baik Dikonsumsi Saat Sarapan, Ini 10 Alasan Sehatnya


1. Anti peradangan

Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah EnergiFoto: iStock
Untuk menghindari radang dalam tubuh, sarapan saja dengan buah cherry, nanas, dan blueberry. Tiga buah ini memiliki nutrisi yang beragam. Seperti buah nanas yang dikemas dengan vitamin C dan enzim bernama bromelain, yang dapat mengurangi radang usus, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga melancarkan pencernaan protein.

Kombinasikan juga dengan blueberry yang kaya akan antioksidan dan vitamin A, C, serta E. Selain itu kandungan fenolik dalam buah cherry, dapat menjadi buah untuk anti inflamasi atau peradangan dalam tubuh.


2. Sistem kekebalan tubuh

Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah EnergiFoto: iStock
Untuk menghindari tubuh dari berbagai penyakit dan virus, buah kiwi, anggur, dan strawberry bisa jadi menu sarapan yang sehat. Tiga buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga tubuh agar tetap sehat.

Buah kiwi kaya akan vitamin C, yang membantu sistem kekebalan tubuh mendakal radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. Kandungan ini juga ditemukan di buah strawberry dan anggur, yang lengkap dengan tambahan vitamin A dan mengandung mineral untuk menyehatkan fungsi kekebalan tubuh.


3. Antioksidan

Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah EnergiFoto: iStock
Buah ara atau fig, anggur merah, hingga buah delima merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu buah-buah ini juga menjaga penampilan agar terlihat lebih muda dan sehat.

Kandungan resveratrol dalam anggur merah menawarkan antioksidan dan mencegah penuaan, serta membantu melawan tanda-tanda penuaan. Sementara kandungan buah delima memiliki tingkat antioksidan yang paling tinggi dibandingkan buah lainnya, yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Lalu buah ara kaya akan mineral termasuk kalium, kalsium, mangnesium, besi, hingga tembaga yang berguna untuk kesehatan tubuh.


4. Detoks

Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah EnergiFoto: iStock
Untuk mengeluarkan racun dan membuat tubuh kembali bersih, bisa pilih menu sarapan buah goji berry, semangka, hingga lemon. Tiga buah ini membantu tubuh dalam proses detoks, apalagi buah semangka yang terdiri dari 92% air dan mengandu glutathione, yang membantu proses detoks serta mencegah radikal bebas.

Selain tiu ada buah lemon yang punya sifat anti bakteri, yang membantu membersihkan tubuh serta melancarkan sistem pencernaan. Sementara buah goji berry dikenal sebagai super food, atau makan sehat yang mengandung antioksidan, kandungan vitamin A hingga E, zat besi, dan kolin yang dibutuhkan liver untuk proses detoks.


5. Kecantikan

Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah EnergiFoto: iStock
Buah blackberry, pepaya, dan blewah selain enak bisa juga menjadi menu sarapan sehat yang kaya akan antioksidan, dan nutrisinya dapat membantu produksi kolagen. Kandungan antioksidan dan nutrisi dalam pepaya dapat membantu perawatan kulit yang rusak.

Sementara buah blueberry kaya akan vitamin A dan C serta antioksidan yang baik untuk tubuh. Kalau suka buah blewah, buah yang satu ini mengandung beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A sehingga membuat kulit dan rambut lebih bercahaya serta berkilau.


6. Energi

Sarapan Sehat dengan Padu Padan Buah Segar Ini Untuk Tambah EnergiFoto: iStock
Untuk asupan energi, ada buah pisang, alpukat, hingga buah apel yang bisa jadi menu sarapan sehat. Tiga buah ini kaya akan nutrisi, dan dapat memasok energi selama berjam-jam. Buah pisang merupakan pilihan yang tepat untuk menambah energi, terutama sebelum berolahraga.

Sementara kandungan lemak sehat di alpukat dapat memperlambat pencernaan, sehingga nutrisi makanan terserap tubuh. Apel juga kaya akan serat, dan membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga kombinasi tiga buah ini pas untuk memasok energi di pagi hari.


Saksikan juga video 'Jangan Lewatkan Sarapan untuk Kebutuhan Gizi Kamu':

[Gambas:Video 20detik]



Baca Juga: Makan Buah Ini Untuk Sarapan Bisa Cegah Penuaan Dini hingga Cerahkan Kulit (sob/odi)