Makanan Lokal Sehat

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah Kalori

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 18 Jan 2019 19:20 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jakarta - Sedang berdiet tak perlu konsumsi makanan mahal dan import. Di Indonesia ternyata ada banyak camilan enak yang murah meriah dan rendah kalori.

Zaman dulu, orang tua kita masih banyak yang ngemil beragam sajian rebusan enak. Bahkan hingga kini masih ada beberapa penjual jajanan rebusan yang tersebar di wilayah Jakarta. Ia menjual ubi rebus, singkong rebus, jagung rebus hingga kacang-kacangan rebus.

Dibandingkan dengan ngemil gorengan lebih baik pilih aneka rebusan yang nikmat. Beberapa camilan ndeso ini bisa dinikmati sebagai pengganti gorengan agar tubuh tetap langsing dan sehat.

Baca juga: 6 Kudapan Enak untuk Pelengkap Minuman Hangat

1. Ubi rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: ilustrasi/thinkstock

Ubi kuning dan ungu memiliki rasa manis alami dan juga tinggi akan serat. Kalau mau langsing sebaiknya olah ubi dengan cara direbus. Mengonsumsi ubi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tak mengasup kalori secara berlebihan. Satu sajian ubi manis (satu cangkir) mengandung 90-100 kalori. Jumlah kalorinya jauh lebih rendah ketimbang kentang ukuran sedang yang bisa mencapai 300-400 kalori per sajian. Sedangkan 100 gram ubi jalar mengandung 100 Kkal.

2. Singkong rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Singkong yang direbus memang terkadang kurang menarik selera. Jenis karbohidrat yang mengenyangkan dan tinggi serat ini bebas gluten sehingga lebih aman untuk semua kalangan. Agar rasanya lebih enak, sebaiknya rebus singkong dengan tambahan bumbu atau garam. Selain itu bisa juga dibuat dengan cara dikukus dan dinikmati bersama dengan kopi dan teh hangat. Slurp!

Untuk 100 gram singkong rebus mengandung kalori sebesar 153 Kkal.

3. Jagung rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Bukan dibakar, jagung manis juga enak direbus. Disantap hangat-hangat jagung rebus bisa jadi pilihan sarapan pengganti nasi yang tinggi serat. 100 gram jagung rebus mengandung kalori sebanyak 35 Kkal. Untuk menikmatinya cukup memotong jagung menjadi dua atau tiga bagian dan merebusnya sampai matang. Nikmati dengan paduan sayur bayam atau segelas susu untuk sarapan.

4. Kacang tanah rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Tekstur yang renyah dengan rasa gurih membuat kacang tanah jadi camilan enak dan menyehatkan. Daripada digoreng, lebih baik pilih kacang tanah rebus atau sangrai. Karena keduanya tidak dimasak dengan tambahan minyak sehingga lebih rendah kalori. Rajin ngemil kacang tanah bisa membantu turunkan kolesterol hingga mengontrol gula darah.

Dalam 100 gram kacang tanah mengandung kalori sebanyak 220 Kkal.

5. Kacang kedelai rebus

5 Camilan Rebusan 'Ndeso' yang Jadul Tapi Rendah KaloriFoto: iStock

Selain kacang tanah, banyak juga orang yang menyukai kacang kedelai rebus. Dalam 100 gram kacang kedelai rebus mengandung kalori sebanyak 286 Kkal. Enak dijadikan camilan saat nonton TV tanpa takut bobot bertambah.

Baca juga: Tanpa Nasi, 7 Umbi Ini Rendah Kalori Bisa Bikin Kenyang (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat