Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 14 Jan 2019 19:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Melihat angka di timbangan semakin naik namun masih malas berdiet? Dengan beberapa trik ini Anda tak perlu repot untuk turunkan berat badan.

Awal minggu memang menjadi saat yang tepat untuk memulai diet. Namun dalam mempersiapkan bekal makanan untuk berdiet sangatlah sulit. Tantangannya sangat banyak, mulai dari tergoda dengan makanan yang digoreng hingga mencicip makanan tidak sehat, berlemak dan tinggi gula.

Hanya dibutuhkan motivasi diri yang tinggi dan ikuti beberapa trik mudah seperti yang dilansir dalam Food Beast.

1. Minum air lebih banyak

Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: Getty Images

Ini adalah cara yang paling sederhana dan sangat mudah dijalankan. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan berdampak pada kesuksesan diet. Kalau bosan dengan air putih yang tidak memiliki rasa, Anda dapat mencampurkannya dengan irisan lemon untuk menambahkan rasa.

2. Masak sendiri

Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: iStock

Makanan terbaik dengan kebersihan terjamin adalah makanan yang dimasak di rumah. Ini merupakan investasi waktu yang sangat besar tetapi dapat menunjang penurunan berat badan secara optimal. Buatlah masakan di saat weekend, makanan yang dibuat tidak harus rumit.

Misalnya saja, buatlah ayam yang sudah diungkep dengan bumbu sesuai selera dan simpan dalam kulkas. Ayam yang sudah matang ini kemudian bisa diolah menjadi beragam makanan sehat. Salah satunya adalah sandwich dengan saus dan paduan salad atau buah. Membuat makanan ini membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Jadi kalau tak sempat memasak, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan di hari libur.

Baca juga: Mengikuti Mitos Diet Ini Bisa-bisa Diet Anda Gagal Total

3. Lakukan persiapan bahan makanan


Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: Istimewa

Untuk memudahkan Anda memasak lakukan persiapan bahan. Semua bahan makanan yang dibeli bisa dikupas dan disimpan dalam wadah tertutup dalam kulkas. Dengan mempersiapkan bahan makanan ini, Anda cukup menumis dan menambahkan potongan sayuran.

Dalam mengolahnya Anda juga bisa meminimalisir penggunaan minyak dengan bantual teflon alias wajan anti lengket untuk mengurangi asupan kalori.

4. Ubah pikiran tentang camilan

Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: Istimewa

Jangan ngemil keripik atau cokelat. Kalau tak ingin berat badan bertambah drastis sebaiknya pilih camilan berupa granola bar atau kacang-kacangan. Selain itu, pastikan juga menikmati potongan buah segar yang mengandung tinggi serat atau air seperti semangka hingga melon. Dengan ngemil ini tentu saat menikmati makanan utama porsinya lebih terkontrol.

5. Nikmati smoothie

Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: Istock

Anda dapat menikmati minuman sehat dan bergizi dengan smoothie. Untuk membuat smoothie, Anda bisa mencampurkan buah-buahan potong dan sayuran kemudian simpan dalam kantung ziploc dan letakkan di freezer. Ketika pagi hari, cukup dihaluskan dengan blender untuk dijadikan sebagai smoothie.

6. Tambahkan porsi sayuran

Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: iStock

Kalau rutin membuat smoothie, selain buah Anda juga bisa menambahkan aneka sayuran. Bayam, wortel dan bit bisa dicampurkan ke dalamnya. Untuk menghilangkan aroma langu, sebaiknya beri sedikit perasan air jeruk lemon dalam sajian smoothiesnya.

7. Berolahraga

Agar Lebih Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Lakukan 7 Trik IniFoto: Getty Images

Kini banyak orang yang tidak menjalankan olahraga dengan alasan tak punya waktu. Namun dengan meluangkan waktu 5 menit, Anda bisa membantu kencangkan tubuh dan bahkan kurangi berat badan. Ini bisa dilakukan dengan cara naik tangga saat menuju ke ruangan kantor.

Baca juga: Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal Total (lus/odi)