Cokelat Bisa Atasi Batuk Lebih Baik dari Obat Codeine?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 14 Jan 2019 18:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Obat Codeine adalah pereda nyeri saat batuk. Kabar baik untuk penggemar cokelat. Baru-baru ini disebut bahwa cokelat bisa bantu redakan batuk.

Dikutip dalam Daily Mail, Profesor Alyn Morice mengatakan bahwa cokelat dapat menenangkan batuk. Bahkan hasilnya lebih baik dari pada sirup batuk codein dengan membentuk lapisan lengket yang melindungi ujung saraf di tenggorokan Anda yang sebabkan batuk.

Baca juga: Sedang Stres? Peneliti Anjurkan Konsumsi 'Dark Chocolate' Secara Teratur

Viskositas lapisan cokelat leleh juga bisa jadi bahan penekan batuk yang secara alami ada dalam kakao. Menurut Profesor Morice, lelehan cokelat yang jika bersentuhan dengan saraf tenggorokan yang rusak dan menenangkannya.

Cokelat Bisa Atasi Batuk Lebih Baik dari Obat Codeine?Foto: Istimewa

Dengan mengonsumsi cokelat leleh, ini akan membantu redakan batuk tanpa efek samping mengantuk yang bisa dihasilkan dari codein.

Apakah mengonsumsi cokelat panas bisa menekan efek batuk yang sama? Jawabannya tidak. Meskipun cokelat panas terasa nyaman namun larutan cokelat encer tidak cukup efektif untuk mempertahankan saraf yang menempel di tenggorokan.

Cokelat Bisa Atasi Batuk Lebih Baik dari Obat Codeine?Foto: Istock

Profesor Morice menyarankan untuk menghisap sepotong cokelat dan membiarkannya meleleh perlahan untuk melapisi tenggorokan. Lebih baik lagi kalau cokelat yang dimakan adalah jenis dark chocolate yang bisa memberikan manfaat dan sebagai antioksidan alami.

Selain dapat meredakan batuk, dark chocolate juga bisa redakan stres. Penelitian yang dilakukan dari Loma Linda University di California menemukan bahwa konsumsi cokelat dapat memiliki efek positif. Terutama untuk menurunkan stres, serta baik untuk mengatasi peradangan tubuh, meningkatkan suasana hati, ingatan, dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Untuk Redakan Batuk, Amankah Memberikan Madu Pada Si Kecil? (lus/odi)