Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan Jantung

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 09 Jan 2019 06:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah alpukat jadi makanan kekinian yang banyak dikonsumsi oleh kaum millennial. Selain itu sarapan alpukat setiap pagi, terbukti dapat menyehatkan jantung.

Sejak dulu alpukat terkenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. Selain cantik menjadi hiasan untuk minuman, kue, hingga salad, buah ini juga kaya akan potassium mengalahi pisang. Potassium sendiri berguna untuk menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah gagal ginjal.

Baca Juga: Begini Tampilan Avozilla, Alpukat Raksasa Seberat 1,7 Kg Per Buahnya
Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan JantungFoto: iStock
Dilansir Ciston PR Newswire (07/01), sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Nutrients dari Illinois Institute of Technology, Amerika. Menjelaskan bahwa orang yang rutin mengonsumsi alpukat segar setiap sarapan, terbukti dapat menyehatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko terserang stroke, hingga serangan jantung.

Para peneliti mempelajari hasil dari 31 orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan, dan sudah berusia setengah baya. Sebelumnya, mereka disuruh untuk menyantap buah alpukat utuh sebagai menu sarapan setiap paginya. Lalu para peneliti membandingkan dengan orang-orang yang menyantap menu sarapan lain, tapi dengan jumlah kalori yang sama.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menyantap alpukat sebagai menu sarapan mereka, mengalami peningkatan dalam sirkulasi darah dalam tubuh. Termasuk peningkatan di fungsi pembulu darah, kadar gula darah, hingga profil lipoprotein, yang menjadi kunci kesehatan jantung.
Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan JantungFoto: iStock
Lipoprotein sendiri berguna untuk mengurangi risiko terserang stroke dan serangan jantung. Kesimpulan dari penelitian ini juga memamparkan, bahwa efek kesehatan dari buah alpukat ini tidak bisa digeneralisasi untuk semua populasi, karena setiap orang memiliki fungsi tubuh yang berbeda.

Tapi banyak studi klinis yang tengah dilakukan, untuk mempelajari tentang efek jangka panjang dari mengonsumsi alpukat. Serta hubungannya dengan kesehatan jantung.
Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan JantungFoto: iStock
Selain untuk kesehatan jantung, buah alpukat mengandung serat yang membantu untuk menurunkan berat badan, mengurangi tekanan gula darah, hingga mengoptimalkan fungsi tubuh dengan memberi makan serat pada bakteri baik. Tentunya kandungan ini membuat tubuh menjadi lebih bernergi di pagi hari.

Kalau mau coba sarapan dengan alpukat, bisa coba alpukat goreng tepung yang renyah dan enak. Cek resep lengkapnya di sini.

(sob/odi)