Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips Praktisnya

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 07 Jan 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tahun baru banyak orang memulai resolusi untuk turunkan berat badan Siasati dengan cara ini agar berat badan lebih cepat turun.

Kunci menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan dengan cara tepat. Makanan tinggi serat dan air bisa jadi pilihan. Untuk membakar lebih banyak kalori dari yang dikonsumsi bisa bisa disiati dengan cara praktis. Mulai dari mengurangi porsi sampai konsumsi air dengan cukup untuk mempercepat penurunan berat badan.

1. Kurangi porsi

Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips PraktisnyaFoto: Istimewa

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, biasakan makan dengan porsi lebih kecil dari apa yang biasa. Potong ukuran porsi Anda sesuai dengan berat badan, tapi pastikan Anda melakukannya dengan cara yang sehat, setelah berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli diet bersertifikat. Harus dicatat bahwa mengursngi porsi juga berarti harus tetap makan tiga kali sehari meskipun dalam jumlah yang lebih kecil.


2. Makan lebih banyak sayur dan buah

Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips PraktisnyaFoto: iStock


Makanan berkalori negatif adalah makanan yang menuntut pengeluaran energi lebih banyak selama pencernaan daripada yang mereka suplai ke tubuh. Sejumlah buah dan sayuran yang benar-benar rendah kalori dikenal sebagai makanan berkalori negatif dan memasukkannya ke dalam makanan Anda dapat membantu untuk menciptakan defisit kalori dengan cara yang sehat. Ayam, tomat, mentimun, semangka adalah beberapa yang paling makanan kalori negatif populer.

Konsumsi lebih banyak sayur dan buah juga bisa menekan rasa lapar yang berlebih karena kandungan seratnya. Pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan segar bukan dalam bentuk jus.

Baca juga: Kalau Ingin Punya Tubuh Langsing, Sebaiknya Sarapanlah Setiap Pagi

3. Konsumsi air yang cukup

Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips PraktisnyaFoto: Istimewa

Jangan sampai melewatkan minum air putih, apalagi kalau Anda sedang merencanakan diet penurunan berat badan. Ini tidak hanya dapat mempercepat metabolisme tetapi juga mencegah timbul rasa lapar yang berlebih. Teruslah mengonsumsi air sepanjang hari dan minum segelas air putih sebelum makan agar tubuh Anda lebih sedikit mengonsumsi makanan.

Air putih juga bisa memaksimalkan penurunan berat badan. Air hangat bagus untuk menstimulasi saluran pencernaan hingga bantu cegah sembelit. Seseorang disarankan meminum segelas air hangat saat tergoda makan malam. Bisa ditambahkan perasan jeruk agar ketika diminum memunculkan sensasi rileks sekaligus memendam keinginan makan.

4. Batasi makanan untuk periode waktu tertentu

Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips PraktisnyaFoto: iStock

Sejumlah orang mengunakan metode puasa intermiten, agar tubuh membakar lebih banyak kalori. Ini melibatkan pembatasan ketiga makanan sehari menjadi periode waktu qw atau 14 jam di siang hari dan tidak makan selama sisa hari tersebut.

5. Konsumsi protein tanpa lemak

Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips PraktisnyaFoto: Istock


Konsumsi protein bukan hanya berfungsi menumbuhkan dan memperbaiki fungsi otot, tapi juga menyediakan bahan bakar untuk membakar lemak. Anda sebenarnya membakar lebih banyak kalori saat memproses protein dibanding karbohidrat dan lemak. Protein juga mencegah seseorang makan lebih banyak karena sifatnya melambatkan pencernaan dan mengurangi keinginan ngemil berlebih. Jenis protein tanpa lemak bisa didapat dari salmon, dada ayam, dan daging sapi tanpa lemak.

Baca juga: Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Tubuh Lebih Langsing di Tahun 2018 (lus/odi)