Kalau Ingin Punya Tubuh Langsing, Sebaiknya Sarapanlah Setiap Pagi

Regita Lorena - detikFood Rabu, 30 Agu 2017 07:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sarapan seringkali dilewatkan demi tubuh langsing. Padahal, sarapan justru bisa mengendalikan berat badan dan membuat tubuh ramping.

Sarapan merupakan asupan paling penting dalam sehari. Hal ini juga dianjurkan oleh pakar kesehatan. Namun, kesibukan bekerja membuat seseorang tidak sempat sarapan di rumah dan memusatkan pengumpulan nutrisi pada malam hari.

Baca juga : Sekali Lagi Peneliti Buktikan Sarapan Bikin Badan Ramping

Kalau Ingin Langsing, Sebaiknya Sarapan Setiap PagiFoto: iStock

Sebuah studi baru tentang sarapan pagi dan BMI (Body Mass Index) yang dilakukan pada 50.000 orang Seventh Day Adventists, lapor delish.com (28/8). Hasilnya mengungkapkan bagaimana pentingnya peran sarapan.

Peneliti menemukan bahwa ketika peserta yang makan banyak pada pagi hari, cenderung memiliki BMI lebih rendah. Dibandingkan mereka yang makan banyak pada siang atau malam hari.

Sarapan secara teratur ternyata dapat mengatur berat badan dengan lebih baik, berbeda dengan yang melewatkan sarapan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa sarapan yang lezat, seimbang, bergizi, diikuti oleh makan siang yang lebih ringan dan makan malam dengan jumlah kecil merupakan cara paling sehat untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Kalau Ingin Langsing, Sebaiknya Sarapan Setiap PagiFoto: iStock

Menurut The New York Times, tubuh lebih baik mengolah makanan pada pagi hari. Karena insulin dapat bekerja lebih maksimal dengan memecah glukosa pada tingkat yang lebih cepat. Jika Anda ingin mengasup kalori, lakukanlah saat tubuh mengolah glukosa dengan cepat.

Untuk itu, sarapanlah dengan baik, dan tidurlah dengan nyenyak tanpa makan malam yang berlebihan. Meskipun tidak lebih efektif daripada diet, sarapan bisa membuat Anda melewatkan kalori yang sebenarnya tidak dibutuhkan pada malam hari.

Baca juga : Sering Tak Sarapan Bisa Menambah Risiko Serangan Stroke (odi/odi)