Sebelum Melahap, Coba Cek Dulu Kalori Dim Sum, Sushi hingga BBQ Korea

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 28 Des 2018 10:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Boba, sushi hingga BBQ Korea merupakan makanan dan minuman Asia yang paling disukai orang. Berapa kira-kira jumlah kalori yang ada pada makanan tersebut? Ini jawabannya!

Sebelum makan, sebaiknya ketahui jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Apalagi kalau makan makanan khas Asia yang enak dan bikin nggak bisa berhenti makan. Contohnya sushi, dim sum hingga BBQ ala Korea. Berikut jumlah kalori yang ada pada 5 makanan Asia populer versi Nextshark (29/12).

1. Pho

Sebelum Melahap, Coba Cek Dulu Kalori Dim Sum, Sushi hingga BBQ KoreaFoto: Istimewa
Pho jadi hidangan khas Vietnam favorit. Pho merupakan racikan mie yang terbuat dari tepung beras dengan kuah kaldu tulang. Lalu disajikan dengan aneka sayuran dan rempah.

Meski kaldu tulang yang ada bisa lancarkan sistem pencernaan, tak semua Pho menyehatkan. Sebab, beberapa mengandung banyak sodium. Karena banyak varian Pho, para ahli kesulitan menghitung kalori dalam semangkuk hidangan kuah itu.

Tapi Fitbit menyebut semangkuk Pho mengandung 367 kalori. Sedangkan Nutritionix mengatakan kalau semangkuk Pho mengandung sebesar 638 kalori.

2. Boba

Sebelum Melahap, Coba Cek Dulu Kalori Dim Sum, Sushi hingga BBQ KoreaFoto: iStock
Milk tea asal Taiwan yang berisi butiran bubble dari tepung tapioka ini jadi minuman terhits tahun ini. Kepopulerannya tak hanya di Asia, tapi merambah ke wilayah Amerika. Segelas boba atau bubble tea dengan berat sekitar 350 ml mengandung kalori sebesar 212. Kalorinya jadi naik begitu ditambah dengan bubble. Menurut Boba Guys, dalam seporsi bubble yang ditambahkan mengandung sekitar 200-250 kalori.

Baca juga: Berasal dari Taiwan, Racikan Teh dengan Bubble Tea Ini Tak Pernah Membosankan

3. BBQ Korea

Sebelum Melahap, Coba Cek Dulu Kalori Dim Sum, Sushi hingga BBQ KoreaFoto: Seo Seo Galbi
Di negara asalnya, menu bbq yang paling populer dan banyak peminatnya ialah Samgyeopsal atau Korean pork belly. Samgyeopsal punya kalori sebesar 662 per 200 gram. Sebanyak 56 gram di antaranya mengandung lemak.

Jadi jika Anda menghabiskan samgyeopsal sendiri, Anda harus rela bersepeda selama 1,6 jam atau lari selama 1,1 jam maupun membersihkan rumah selama 4 jam untuk menghempas seluruh lemak yang masuk dalam tubuh. Hal itu diungkap oleh MyFitnessPal.

Sedangkan Galbi, daging iga Korea, memiliki kalori sebesar 472 per 200 gram. Jumlah kalori di dua menu itu belum termasuk nasi dan hidangan pelengkap lain. Kalau ditotal, dalam satu kali santap bbq ala Korea, tubuh mengasup sebanyak 1.000 kalori.

4. Dim Sum

Sebelum Melahap, Coba Cek Dulu Kalori Dim Sum, Sushi hingga BBQ KoreaFoto: Istimewa
Hidangan yang satu ini emang selalu bikin kalap penikmatnya. Bagaimana tidak, dim sum punya ukuran yang kecil dan bisa dimakan sekali gigit. Tiga hidangan populer dim sum yang tak pernah dilewatkan ialah shumai, hakau, dan xiao long bao.

Nah. satu buah shumai sendiri mengandung sebesar 59 kalori. Sedangkan satu buah hakau memiliki sebesar 43 kalori. Yang paling banyak kalorinya ialah xiao long bao, yakni sebesar 61 kalori per buah.

5. Sushi

Sebelum Melahap, Coba Cek Dulu Kalori Dim Sum, Sushi hingga BBQ KoreaFoto: dok. detikFood/Istimewa
Siapa yang tak suka dengan makanan khas Jepang ini? Sama seperti dim sum, sushi juga bisa dilahap dalam sekali gigit. Ada dua varian sushi yang punya kalori paling banyak yakni, tempura roll dan rainbow roll. Keduanya mengandung sebesar 508 dan 476 kalori. Sedangkan avocado roll dan tuna roll punya kalori yang lebih rendah. Dua varian itu hanya mengandung kalori sebesar 140 hingga 184.

Baca juga:Ini Dia 500 Makanan yang Wajib Dicicipi di Dunia Versi Lonely Planet (dwa/odi)