Artisan Bread yang Unik

Dibanding Roti Buatan Pabrik, Artisan Bread Lebih Enak dan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Nov 2018 17:47 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bahan dan proses pembuatan yang alami membuat artisan bread jadi lebih sehat. Tak hanya itu, rasanya juga lebih fresh dan enak karena dibuat tanpa bahan tambahan.

Berbeda dengan roti buatan pabrik yang diproses massal menggunakan mesin, artisan bread harus dibuat dengan tangan, menggunakan bahan, dan melalui proses alami. Hasilnya artisan bread punya banyak keunggulan dibanding roti buatan pabrik.

Dari segi nutrisi, artisan bread yang umum dibuat dengan gandum utuh menjadi sumber serat dan antioksidan yang baik. Senyawa lain dalam artisan bread bahkan membantu mengurangi risiko diabetes dan menyehatkan pencernaan.

Dibanding Roti Buatan Pabrik, Artisan Bread Lebih Enak dan SehatFoto: iStock

Baca Juga: Sourdough hingga Brioche, Ini Jenis Artisan Bread yang Populer

Salah satu artisan bread populer yaitu sourdough, misalnya, mengandung ragi liar dan lactobacillus yang mampu menetralisir asam fitat sehingga roti lebih mudah dicerna. Hasilnya efek kembung atau perut tak nyaman yang biasanya muncul usai makan roti pabrik bisa terhindarkan, ungkap Sourdough.co.uk (7/11).

Proses fermentasi yang panjang dan perlahan membuat kandungan asam fitat pada sourdough juga bisa turun hingga 90 persen. Selain itu, sourdough butuh waktu lebih lama untuk dicerna sehingga bisa menjaga kadar gula darah yang pada akhirnya menghindarkan seseorang dari diabetes. Kelebihan lainnya, sourdough juga merupakan prebiotik yang bantu sehatkan usus.

Dibanding Roti Buatan Pabrik, Artisan Bread Lebih Enak dan SehatFoto: iStock

Bagi yang mau menurunkan berat badan juga disarankan mengonsumsi sourdough, bukan roti pabrik. Sourdough yang tinggi serat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Tesh (7/11) mengabarkan sebuah penelitian mengungkap seseorang yang makan sourdough saat sarapan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan stabil sepanjang hari.

Sourdough sendiri pada dasarnya dibuat hanya dengan 3 bahan yaitu tepung, air, dan garam. Roti dengan rasa asam ringan ini juga ditambahkan ragi alami. Sementara untuk menghadirkan rasa enak bisa diberi tambahan zaitun, bawang putih, hingga aneka rempah. Ketiadaan bahan kimia sebagai tambahannya membuat rasa sourdough lebih fresh, alami dan enak.

Baca Juga: Si Asam Lembut Sourdough yang Jadi Incaran Banyak Orang

(adr/odi)