Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak Ini

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 19 Okt 2018 06:49 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menu sarapan ternyata mempengaruhi suasana hati. Sebaiknya makan 5 bahan alami ini di pagi hari untuk tingkatkan produksi hormon bahagia dalam tubuh.

"Apa yang Anda makan di pagi hari menentukan mood (Anda) sepanjang hari," jelas Tim Sharp, psikolog sekaligus tim The Happiness Institute pada Huffington Post (11/7).

Ada beberapa hormon yang menciptakan rasa bahagia dalam diri yakni, serotonin, dopamin, oksitosin, dan endorfin. Keempatnya menciptakan rasa bahagia bahkan oksitosin membantu melawan rasa sakit fisik. Ada beberapa makanan yang bisa bantu meningkatkan hormon bahagia dalam diri. Apalagi dimakan untuk sarapan.

"Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu mempengaruhi suasana hati. Perubahan pola makan dapat memicu perubahan kimia dan fisiologis dalam otak yang mengubah perilaku dan emosi kita. Kebanyakan orang memahami hubungan antara apa yang mereka makan dan kesehatan fisik mereka tapi hubungan soal apa yang Anda makan dengan suasana hati, energi Anda, cara tidur Anda dan seberapa baik Anda berpikir perlu lebih cepat (diketahui)," tutur ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center, Lauren Blake pada My Recipes (28/10).

Untuk itu, berikut 5 makanan yang bisa tingkatkan hormon bahagia dalam tubuh seperti dilaporkan Bold Sky (28/9).

1. Dark chocolate

Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Dark chocolate punya kandungan antioksidan tinggi. Hal inilah yang bisa meningkatkan suasana hati Anda secara alami. Terlebih ada kandungan N-acylethanolamine, bahan kimia yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin.

Itulah sebabnya mengapa Anda mengalami perasaan bahagia setelah mengonsumsi sebatang dark chocolate. Selain itu, jenis cokelat ini juga bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan fungsi kognitif. Pilih dark chocolate dengan kandungan cacao mass minimal 70% dan konsumsi tanpa tambahan gula. Bisa dinikmati sebagai hot chocolate atau dipadukan dengan yogurt.

2. Alpukat

Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan suasana hati. Buah ini juga kaya akan vitamin B3 yang ampuh tingkatkan serotonin. Sehingga kedua kandungan yang dikemas dalam buah alpukat sangat menyehatkan fisik dan suasana hati.

Konsumsi alpukat tanpa tambahan susu kental manis atau gula. Bisa dilumatkan sebagai olesan roti, dipotong sebagai campuran salad atau dibuat smoothies dengan paduan yogurt tawar rendah lemak.

Baca juga: Ini Dia Makanan Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

3. Tomat

Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak IniFoto: Istimewa
Tomat apalagi tomat ceri merupakan sumber likopen. Likopen merupakan antioksidan yang melindungi kesehatan otak dan memerangi depresi. Para peneliti telah menemukan bahwa salah satu manfaat terbesar dari likopen adalah pencegahan penumpukan senyawa pro-inflamasi yang dikaitkan dengan depresi. Tambhakan tomat segar dalam jus, racikan sandwich, atau salad.

4. Kacang-kacangan

Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak IniFoto: Thinkstock
Kacang-kacangan mengandung vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan zinc. Semua bahan tadi menjaga tingkat hormon stres kortisol rendah. Kacang-kacangan seperti walnut dan almond serta biji-bijian seperti biji labu merangsang produksi endorfin. Kemudian endorfin dilepaskan ke aliran darah agar menimbulkan euforia, menghilangkan stres dan meningkatkan rasa bahagia.
Tambahkan almond panggang, biji labu atau flaxseed dalam yoghurt atau smoothies.

5. Susu

Biar Mood Lebih Baik, Pagi Ini Sarapan Dulu 5 Makanan Enak IniFoto: Istock
Minuman ini bisa tingkatkan mood. Ini karena susu mengandung senyawa yang disebut tryptophan yang akan dikonversi menjadi serotonin. Serotonin merupakan merupakan hormon bahagia yang mengatur suasana hati Anda. Protein yang ditemukan dalam susu atau yang lebih dikenal dengan laktium juga membuat tenang tubuh. Sebaiknya konsumsi susu tawar tanpa tambahan gula atau madu


Baca juga: 7 Makanan Ini Sebaiknya Tak Disantap Saat Sarapan (dwa/odi)