Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan Kulit

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 16 Okt 2018 14:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perubahan cuaca yang terjadi bikin kulit kering dan bersisik. Untuk itu, konsumsi makanan yang bisa lembapkan kulit secara alami.

Selain mengoleskan body lotion, kulit bisa menjadi lembap lewat konsumsi bahan alami. Tak hanya menghidrasi, konsumsi 7 bahan alami ini juga menyehatkan kulit. Hal ini disampaikan oleh ahli perawatan kulit, Dr. Arleen Lamba pada Bustle (21/10).

1. Ikan

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: iStock
Selain enak, ikan berlemak seperti ikan salmon, herring, tuna, dan trout juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak Omega 3. Asam lemak Omega 3 sendiri bisa menghidarasi kulit. Sehingga bantu menjaga kelembapan kulit.

Baca juga: Meskipun Menyehatkan, 4 Makanan Ini Bisa Memicu Masalah Kulit

2. Kacang

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: iStock
Kacang kerap dijadikan penyebab tumbuhnya jerawat. Tapi kacang justru kaya akan vitamin E. Konsumsi vitamin E sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab vitamin E melindungi kulit dari kerusakan sel oksidatif. Selain itu, melindungi penghalang kulit dari kerusakan eksternal seperti sinar UV.

3. Alpukat

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: iStock
Sama seperti kacang, alpukat juga kaya akan vitamin E dan antioksidan. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi. Karenanya, alpukat tidak hanya membuat kulit lembab tapi juga mencegah kulit dari penuaan dini. Jadi, selain manjakan lidah dengan teksturnya yang creamy, buah ini juga baik untuk kulit.

4. Ubi

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: Food Network
Pencinta ubi pasti senang mendengar khasiat bahan makanan yang ia sukai ini. Ubi memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A yang melimpah. Vitamin A sendiri merupakan salah satu nutrisi terpenting untuk mencegah kulit kering. Antioksidan yang ada di dalam ubi juga bantu memperbaiki kerusakan jaringan dan mencegah penuaan dini.

5. Tiram

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: iStock
Makan enak ini juga baik untuk kesehatan kulit Anda, lho. Tiram mengandung level zinc yang tinggi. Zinc lah yang membantu tubuh untuk memperbaiki kulit dan menciptakan kolagen. Jadi, kalau butuh asupan zinc, Anda tak hanya bisa mendapatkannya dari daging sapi, biji-bijian dan bibit gandum saja, tapi juga dari tiram.

6. Minyak zaitun

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: iStock
Bahan yang satu ini sudah sering ada dalam beragam produk kecantikan. Tentunya bukan tanpa alasan. Itu dikarenakan minyak zaitun mengandung vitamin E, asam lemak Omega 3, dan lemak tak jenuh tunggal. Ketiganya sangat baik untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar UV serta menghindari kulit kering dan eksim.

7. Mentimun

Tak Hanya Body Lotion, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Juga Bisa Lembabkan KulitFoto: ilustrasi/thinkstock
Karena mengandung banyak air, mentimun bisa jadi bahan penghidrasi kulit. Mentimun juga mengandung vitamin A dan C yang bisa tenangkan kulit dan mencegah kerusakan pada kulit.

"Silika yang ditemukan dalam sayuran kaya air seperti mentimun bisa meningkatkan kelembaban (kulit) yang bisa meningkatkan elastisitas kulit," tutur Dr. Lamba.

Baca juga: Saat Kulit Ruam dan Gatal Sebaiknya Kurangi Konsumsi Makanan Ini




Tonton juga 'Kopi, Bahan Ampuh Enyahkan Selulit Kulit':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)