Sarapan Telur Sebelum Jam 8 Pagi Bisa Bikin Tubuh Ramping, Ini Sebabnya

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 06:14 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Ingin tubuh yang ramping? Jam serta menu sarapan ternyata mempengaruhi bentuk tubuh Anda. Menurut para ahli, makanan ini bantu tubuh agar tetap ramping.

Jangan asal makan beragam makanan saat sarapan. Karena banyak penelitian yang menunjukkan kalau beberapa menu sarapan bisa membuat kulit bersih, mencegah penyakit hingga turunkan berat badan.

Para ahli nutrisi merekomendasikan untuk memadukan lemak, karbohidrat, dan serat untuk sarapan. Paduan dari semuanya tak hanya menyehatkan, tapi juga bisa turunkan berat badan. Hanya saja Anda perlu mentaati peraturan khusus, yakni sarapan sebelum jam 8 pagi.

Baca juga: Ini Waktu yang Pas untuk Hasilkan Telur Rebus yang Lembut

Kata Ahli, Makan Ini Sebelum Jam 8 Pagi Agar Badan RampingFoto: Instagram
Melihat fakta terkait semua kandungan itu, telur ternyata jadi bahan yang pas untuk dijadikan menu sarapan. Hal itu diungkap oleh Stacy Goldberg, seorang ahli nutrisi dari situs kesehatan Savorfull.

Goldberg menyarankan agar Anda memasak dua butir telur dengan satu sendok teh minyak zaitun untuk sarapan. Omega 3, vitamin D, biotin, dan protein yang ada pada kuning telur membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga Anda tak akan tergoda dengan camilan pagi yang ditawarkan teman di kantor.

Anda juga bisa memadukan dua telur tadi dengan roti gandum, bayam rebus atau buah beri. Kombinasi semuanya memberi nutrisi pada tubuh, pas untuk memulai hari.

Metode ini sudah dicoba oleh banyak atlet, salah satunya atlet balap ski Lindsey Vonn. Berdasarkan keterangan chef pribadinya, atlet berusia 33 tahun itu selalu sarapan dengan scrambel egg lengkap dengan jamur, bayam, dan bawang-bawangan.

Kata Ahli, Makan Ini Sebelum Jam 8 Pagi Agar Badan RampingFoto: Instagram
Dengan menu sarapan itu, Lindsey dapat berlatih dengan baik. Menurutnya, semua bahan itu lebih mengenyangkan dibandingkan semangkuk oatmeal.

Telur sendiri merupakan makanan lengkap protein. Tiap butirnya mengandung 6 g protein. Protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh baru alias regenerasi sel.

Terdapat dua nutrisi yang disebut lutein dan zeaxanthin dalam telur. Kedua nutrisi itu sangat baik untuk kesehatan mata. Tak hanya itu, telur mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. Sehingga konsumsi telur memberi rasa kenyang lebih lama. Hal ini juga bisa mencegah obesitas.

Baca juga: Padukan Telur dengan 10 Bahan Ini untuk Turunkan Berat Badan (2) (dwa/odi)