Selain Bisa Atasi Sembelit, Ini Manfaat Sarapan Oatmeal

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 09 Agu 2018 06:33 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Salah satu menu sarapan sehat ini ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya ampuh atasi konstipasi alias sembelit. i.

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang menyehatkan. Oatmeal kaya akan serat. Serat sendiri merupakan komponen utama untuk melawan konstipasi. Satu cangkir oatmeal mengandung serat sebanyak 4 gram. Sebanyak 2 gram di antaranya merupakan serat tak larut. Serat inilah yang ampuh melawan konstipasi.

Selain itu, oatmeal juga mengandung fosfor, magnesium, zinc, thiamin, selenium, dan zat besi. Karenanya makan semangkuk oatmeal untuk sarapan sangat dianjurkan.

Selain bisa atasi konstipasi, oatmeal juga punya beragam manfaat. Berikut 5 manfaat yang didapat jika rutin konsumsi oatmeal seperti dilansir Boldsky (6/8).

Baca juga: Dibanding Sereal, Sarapan Oatmeal Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

1. Turunkan berat badan

Benarkah Oatmeal Bisa Atasi Konstipasi? Begini Kata AhliFoto: iStock
Oatmeal kaya akan antioksidan dan serat. Keduanya bisa tingkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan itu bisa memecah sel-sel lemak dalam tubuh dengan cepat. Sehingga bisa bantu turunkan berat badan. Konsumsi oatmeal juga membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Turunkan kolesterol

Para peneliti sudah membuktikan kalau kandungan serat yang ada pada oatmeal bisa turunkan LDL, kolesterol jahat dalam tubuh. Tak hanya mengusir lemak jahat, oatmeal juga ampuh seimbangkan lemak dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit berat seperti serangan jantung dan stroke.

3. Obati diabetes

Oatmeal mampu menstabilkan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemik rendah. Sebuah penelitian membuktikan pola makan yang menyertakan makanan rendah indeks glikemik berkaitan dengan resistensi insulin yang lebih sedikit dan menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2, dibanding jika konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi.

4. Kurangi risiko kanker

Benarkah Oatmeal Bisa Atasi Konstipasi? Begini Kata AhliFoto: iStock
Konsumsi oatmeal secara teratur bisa kurangi risiko terkena kanker. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society. Penelitian itu menyatakan bahwa mineral dan antioksidan yang ada pada oatmeal bisa kurangi risiko kanker secara signifikan.

5. Cegah penyakit jantung

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu sebab utama penyakit jantung. Seperti yang dikatakan sebelumnya, oatmeal kaya akan serat. Kandungan serat yang ada di dalamnya bisa seimbangkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, oatmeal mengandung serat beta-glucan yang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Kehadiran asam linoleat dan serat larut pada oatmeal juga membantu atas kolesterol sekaligus mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh.

Baca juga: Selain Diseduh dengan Susu, Ini 5 Cara Meracik Oatmeal yang Enak! (dwa/odi)