Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan Gulanya

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Agu 2018 19:48 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Minuman berperasa identik dengan tambahan gula yang cukup banyak. Bukan hanya cola, minuman seperti jus dan latte juga punya kandungan gula tinggi.

Sudah jelas jika minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi. Tapi bagaimana dengan minuman lain yang kadang dianggap lebih sehat, seperti jus dan latte?

Dikabarkan Huffington Post (1/8) berbagai minuman mengandung gula yang cukup tinggi, terutama minuman kemasan. "Saya harap semua orang tahu bahwa sebagian besar minuman yang tersedia secara komersial mengandung gula, bahkan minuman dengan label kesehatan" kata co-founder Whole30 Melissa Hartwig kepada HuffPost.

Gula bersifat adiktif. Beberapa penelitian menemukan bahwa gula bahkan lebih adiktif daripada kokain. Mengonsumsi terlalu banyak gula memberi dampak buruk pada kesehatan mulai dari obesitas, penyakit jantung, diabetes hingga hari berlemak.

Baca juga : Minuman Beralkohol Juga Banyak Mengandung Gula

Untuk mengurangi dampak tersebut, sebaiknya cari tahu dulu jumlah gula yang terkandung dalam minuman yang Anda konsumsi.

1. Jus buah
Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan GulanyaFoto: Istock
Penggemar jus kemasan tampaknya harus mengurangi konsumsi jus demi kesehatan. Jus kemasan yang Anda minum memgandung gula yang cukup banyak, bahkan meskipun sudah berlabel sehat.

Satu cangkir jus jeruk mengandung setidaknya 21 gram gula, demikian juga jus hijau. Untuk satu merek cold press juice saja kadang mengandung sampai 36 gram gula.

2. Minuman kopi
Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan GulanyaFoto: Istock
Kopi hitam memang tidak mengandung gula sama sekali namun jika ditambahkan susu dan sirup maka kandungannya jadi berubah. Misalnya segelas mocha klasik dari Starbucks mengandung 2 persen susu dan mengandung 27 gram gula. Sementara espresso latte mangandung 19 gram.

3. Teh
Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan GulanyaFoto: Istock
Sama halnya seperti kopi, aslinya teh juga tidak mengandung gula. Tapi jika sudah diracik dengan campuran bahan lain maka komposisinya otomatis berubah.

Misalnya segelas matcha latte yang mengandung gula setidaknya sampai 27 gram untuk tiap gelasnya. Lain lagi chai latte yang dijual di Starbucks yang kandungan gulanya mencapai 42 gram.

4. Smoothie
Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan GulanyaFoto: Istock
Anda bisa menjamin smoothie buatan sendiri bebas dari gula, tapi bagaimana dengan smootie yang dijual bebas? Ya, smoothie kemasan di toko mengandung gula yang cukup tinggi.

Sebotol smoothie stroberi tanpa tambahan gula sudah mengandung setidaknya 23 gram gula. Sementara smoothie mangga mengandung 57 gram gula. Jumlah yang sangat banyak untuk seporsi minuman.

5. Minuman sehat
Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan GulanyaFoto: Istock
Minuman seperti air kelapa dan kombucha memang memiliki dampak positif untuk kesehatan tapi jangan berpikir kalau minuman kemasan ini bebas gula. Sebotol air kelapa kemasan rata-rata mengandung 11 gram gula. Demikian juga dengan kombucha, apalagi yang sudah diberi tambahan rasa seperti kombucha delima yang mengandung 14 gram gula.

Lantas minuman apa yang paling baik dikonsumsi?

Penulis Happy Gut, Dr. Vincent Pedre mengatakan beberapa minuman selain air mineral memang mengandung beberapa manfaat kesehatan dan juga enak. Tapi sebenarnya akan jauh lebih sehat lagi kalau yang dikonsumsi adalah air putih.

"Dan jangan berpikir gula buatan, seperti aspartame atau sucralose, adalah pengganti yang sehat. Anda dapat menggunakan stevia sebagai pemanis, tetapi pada akhirnya, yang terbaik adalah membuat diri Anda menyesuaikan dengan minuman tidak manis," kata Dr. Vincent.

Baca juga : Minuman Manis Bebas Gula Tak Pengaruhi Turunnya Berat Badan

Sementara Hartwig menyarankan untuk memesan teh atau kopi yang tanpa ditambah pemanis. "Jangan tergoda dengan minuman manis yang mengaku ditambahkan gula alami seperti gula kelapa atau sirup agave. Dan perhatikan betul jumlah gula pada label minuman," tutup Hartwig.

(dvs/odi)