Minuman Manis Bebas Gula Tak Pengaruhi Turunnya Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 09 Jan 2017 19:11 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Minuman kemasan dengan label 0 kalori tampaknya tak berpengaruh terhadap turunnya berat badan. Walaupun rendah kalori, minuman ini masih tergolong tak sehat.

"Tidak adanya bukti yang konsisten untuk mendukung artificially sweetened beverages (ASBs) atau biasa disebut dengan minuman manis bebas gula dalam mencegah penambahan berat badan," tulis dalam studi yang dipublikasi oleh kelompok dari sekelompok profesor dari universitas internasional.

Dilansir dalam China Daily (06/01), kurangnya studi tentang efek jangka panjang lainnya pada kesehatan semakin memperkuat posisi bahwa ASBs tidak harus dipromosikan sebagai bagian dari diet sehat.

Minuman Manis Bebas Gula Tak Pengaruhi Turunnya Berat BadanFoto: Getty Images
Memperhitungkan komposisi ASB, pola konsumsi dan dampak lingkungan, peneliti mengatakan bahwa faktor risiko potensial untuk penyakit kronis yang sangat umum bisa saja terjadi.

Studi ini mempertanyakan penelitian yang disponsori oleh suatu industri tentang efek ASB pada kontrol berat badan karena mereka melaporkan hasil yang positif.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tes sebelumnya pada ASB yang mempengaruhi berat badan tidak meyakinkan karena mereka melakukan uji coba terkontrol secara acak dan menyebabkan temuan campuran dengan beberapa menunjukkan efek null sementara yang lain menemukan pengurangan sederhana dalam berat badan.

Minuman Manis Bebas Gula Tak Pengaruhi Turunnya Berat BadanFoto: Getty Images
Namun, studi ini juga menimbulkan kontroversi. Gavin Partington, kepala dari British Soft Drink Association mengatakan pada The Guardian beberapa waktu lalu, bahwa penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan pemanis rendah kalori dalam minuman diet bisa membantu konsumen mengelola berat badan mereka sebagai bagian dari diet kalori terkontrol.

Selain itu Alison Tedstone, kepala ahli gizi di Public Health Inggris juga mengatakan bahwa, "Mempertahankan berat badan yang sehat dibutuhkan lebih dari sekedar menukar satu produk dengan yang lain. Akan tetapi kalori yang dikonsumsi harus sesuai dengan kalori yang digunakan."

Sehingga tidak bisa disimpulkan bahwa minuman berlabel 0 kalori ataupun minuman bebas gula bisa membantu menunjang penurunan berat badan. (lus/odi)