Selain Air Putih, Gel Water Efektif Menghidrasi Tubuh

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 01 Agu 2018 18:50 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Gel water jadi bahan hidrasi tubuh yang efektif dibanding air putih. Karenanya banyak orang yang mengonsumsinya. Apa itu gel water? Apa saja kelebihannya?

Ini dia alasan kenapa Anda tetap haus walau sudah minum banyak air. Berdasarkan keterangan para ahli, hal ini terjadi lantaran kebutuhan gel water dalam tubuh tak tercukupi.

Menurut konsultan kesehatan di Dina Bria, Dr. Dana Cohen, gel water merupakan H2O yang ada pada sayuran, buah-buahan, kaktus, biji chia, dan kolagen.

Selain Air Putih, Gel Water Efektif Menghidrasi TubuhFoto: Shutterstock
"Selama bertahun-tahun, kami memcoba memahami asumsi jika minum delapan gelas air perhari bisa menghidrasi tubuh-(ternyata) ini jauh lebih kompleks," tutur Dana Cohen dan Gina Bria selaku penulis buku Quench: Reclaim your Energy and Health with the New Science of Hydration Including Your Five-Day Plan to Hydrate.

Baca juga: Berbahaya! Tren Viral 'Hot Water Challenge' Ini Bisa Berakibat Cacat hingga Kematian

Para ilmuwan di Bioengineering Gerald Pollack, Amerika Serikat itu mengidentifikasi struktur molekul baru pada gel water. Mereka menemukan gel water di tahun 2009.

"Gel water atau living water merupakan fase air yang baru diidentifikasikan, tak hanya cairan, uap, atau es. (Gel water) teridentifikasi oleh ekstra atom hidrogen dan atom oksigen, sehingga struktur molekulnya adalah H3O2," jelas keduanya.

Selain Air Putih, Gel Water Efektif Menghidrasi TubuhFoto: iStock
Keduanya juga melanjutkan keuntungan lain mengonsumsi gel water. "Kami secara tradisional memahami bahwa air didistribusikan melalui aliran darah dan sistem limfatik, tetapi penemuan air gel menunjukkan bahwa fasia juga merupakan sistem penting untuk distribusi air," tambahnya.

Mencampurkan air dengan bahan yang mengandung gel water juga sangat baik bagi tubuh. Contohnya mencampur air dengan melon, sayuran hijau, dan biji chia. Tubuh bisa terhidrasi dengan cepat dan lebih berenergi.

"Karena sebagian besar air dalam sel Anda berbentuk punya bentuk yang sama dengan ini (gel water), kami percaya bahwa tubuh lebih mudah menyerap gel water," jelas Dr. Cohen.

Selain Air Putih, Gel Water Efektif Menghidrasi TubuhFoto: iStock
Ahli nutrisi lain yang mendukung hal ini juga memberi tahu manfaat yang diberikan gel water pada tubuh. Berdasarkan keterangan Howard Murad M.D, selain menghidrasi tubuh, gel water juga mengandung banyak nutrisi.

"Ketika Anda memakan mentimun, Anda tak hanya mendapat air tapi juga fitonutrien dan serat. Air dalam bentuk gel ini melepaskan cairan secara bertahap di dalam tubuh," jelas Howard Murad M.D selaku penulis buku The Water Secret pada Food & Wine (30/7).

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang memiliki kandungan air sebesar 70%, apel, alpukat, strawberry, slada, bayam, pickle, wortel, pisang, brokoli, kentang hingga semangka. Karenanya semua bahan itu bisa Anda konsumsi untuk menghidrasi dan menutrisi tubuh.

Baca juga: Terbaru! Hot Dog Water yang Diklaim Punya Banyak Manfaat (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com