Jangan Dihindari! Dimakan Tiap Hari Makanan Manis Juga Berkhasiat Sehat

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 18:25 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ketika diet, banyak orang menjauhi makanan manis. Padahal makanan manis punya banyak manfaat untuk kesehatan. Ini hasil penelitiannya.

Selama masih dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Makanan manis atau dessert, bukanlah makanan yang harus dihindari. Bahkan menurut penelitian ilmiah yang dilansir Fox40 (12/05), makanan manis punya banyak manfaat untuk tubuh.

Baca Juga: Sulit Kurangi Konsumsi Makanan Manis? Ikuti 9 Tips Mudah Ini


1. Menurunkan tekanan darah
Jangan Dihindari! Dimakan Tiap Hari Makanan Manis Juga Berkhasiat Sehat Foto: iStock
Mengonsumsi sepotong cokelat hitam setiap harinya, dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dijelaskan dalam penelitian dari Harvard di tahun 2011, yang menjelaskan bahwa makan satu potong dark chocolate setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya bahwa cokelat hitam yang masih alami, mengandung flavonoid dan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Menghindari serangan stroke

Sebuah penelitian yang melibatkan pria berusia 45 hingga 79 tahun di Swedia, mengonsumsi sepotong dark chocolate secara teratur. Hasilnya, dapat menurunkan risiko terserang penyakit stroke di pria sebanyak 17%. Dibandingkan mereka yang tidak mengonsumi cokelat hitam sama sekali.


3. Mengurangi ngidam makanan

Jangan Dihindari! Dimakan Tiap Hari Makanan Manis Juga Berkhasiat Sehat Foto: iStock
Ketika sedang berdiet dan membatasi porsi makan. Tetaplah mengonsumsi makanan manis, dalam porsi kecil untuk mengurangi rasa ngidam ke makanan manis dan gurih. Anda bisa mengonsumsi kue atau cookies, dalam porsi kecil yang telah ditentukan. Tapi ingat, jangan gelap mata ya!


4. Membatasi gula dan lemak tubuh


Meski banyak yang berpikir bahwa mengonsumsi makanan manis justru menambah kadar gula, hingga lemak dalam tubuh. Ternyata mitos itu tidak sepenuhnya benar. Makanan manis, akan tetap sehat dan ringan jika kita mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Serta mengganti bahan-bahan makanan tersebut, menjadi lebih sehat. Seperti mengganti mentega dan minyak, dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dalam membuat kue.


5. Membuat tubuh jadi lebih aktif
Jangan Dihindari! Dimakan Tiap Hari Makanan Manis Juga Berkhasiat Sehat Foto: iStock
Setelah Anda menyantap makanan manis, Anda akan mulai berpikir untuk mencari cara mengeluarkannya dari tubuh Anda. Hal ini dapat berdampak positif, dan membuat Anda lebih aktif.

Jika sedang diet rendah kalori, Anda bisa mengonsumsi makanan manis di siang hari, dan berjalan-jalan setelahnya. Bisa juga berolahraga di gym, sesuai pulang kantor. Saran Rachel Johnson, dokter sekaligus ketua komite dari American Heart Association (AHA).

Baca Juga: Konsumsi 9 Makanan Ini untuk Bantu Atasi Keinginan Konsumsi Makanan Manis (sob/odi)